Mengapa Salat harus Menghadap Kiblat? Begini Penjelasannya

Rabu, 10 Januari 2024 - 12:30 WIB
loading...
Mengapa Salat harus Menghadap Kiblat? Begini Penjelasannya
Dalam Islam, salah satu rukun salat yang wajib dilaksanakan adalah menghadap kiblat, dalam hal ini adalah Ka’bah, dan ternyata ad hikmah dibalik perintah menghadap kiblat tersebut. Foto ilustrasi/ist
A A A
Mengapa ketika salat harus menghadap kiblat ? Adakah alasan dan hikmah dibalik keharusan menghadap kiblat tersebut? Dalam Islam, salah satu rukun salat yang wajib dilaksanakan adalah menghadap kiblat, dalam hal ini adalah Kakbah.

Dan ternyata, di balik kewajiban tersebut, ada beberapa alasan serta hikmah yang bisa dipetik sebagai pelajaran bagi umat Islam.

Syekh Ali Ahmad al-Jurjawi dalam kitab Hikmatu Tasyri wa Falsafatuhu, (Beirut: Darul Fikr, 2003), menjelaskan tentang alasan dan hikmah salat menghadap kiblat ini. Berikut paparannya seperti dilansir dalam laman kemenag.go.id:

1. Mengenang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Sebagaimana diketahui, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mempunyai peran dalam sejarah atau proses pembangunan Ka‘bah. Dengan menghadap kiblat, umat Islam bisa selalu mengingat dan mengenang pada jasa pendiri dan leluhur Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

2. Melatih kekhusukan

Menurut Syekh al-Jurjawi, dengan menghadap kiblat, seluruh anggota tubuh akan difokuskan pada satu arah. Hal ini akan melatih kekhusukan, ketenangan, dan ketetapan iman dalam hati umat Islam, serta tersinari oleh cahaya-Nya. Allah berfirman:

اِنِّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا وَّمَآ اَنَا۠ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَۚ


“Sesungguhnya aku menghadapkan wajahku (hanya) kepada Yang menciptakan langit dan bumi dengan (mengikuti) agama yang lurus dan aku bukanlah termasuk orang-orang musyrik”.(QS Al Anam : 79)

3. Menumbuhkan Istiqamah

Dengan menghadap kiblat akan menumbuhkan sikap istiqamah dalam diri umat Islam. Salah satu kecenderungan manusia adalah memiliki ketentuan waktu dan tempat dalam melakukan rutinitas. Jika ada perubahan pada tempat dan waktu, akan merasa tidak nyaman karena perlu ada penyesuaian dan adaptasi.

4. Simbol persatuan

Ketika seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia menghadap ke kiblat, secara tidak langsung umat Islam mengungkapkan bahwa kami adalah saudara yang hatinya benar-benar saling mengasihi. Semua niatnya bersatu pada satu hal, yakni ka‘bah. Walaupun tempatnya berjauhan dan berpisah di berbagai negara, namun ka‘bah menjadi tempat hatinya berkumpul.

5. Ekspresi ketulusan

Menghadap kiblat bisa menjadi sebuah ekspresi umat Islam pada sebuah ketulusan atau keikhlasan. Ketika seseorang hendak menunjukkan ketulusan dalam pengabdian melalui tanda khusus, biasanya akan menentukan tempatnya. Dengan menghadap kiblat yang disertai kesigapan seluruh anggota tubuh dan hati yang tulus, bisa dikatakan seorang muslim telah memenuhi kewajiban yang diperintahkan sekaligus menunjukkan keikhlasannya.

6. Bukti ketaatan

Ketika seorang muslim bergegas menghadap kiblat saat muazin mengumandangkan “hayya ‘alas salat, hayya ‘alal falaḫ”, ini membuktikan sebuah ketaatannya pada Allah dan Rasulullah. Selain itu, Kabah (Makkah) merupakan daerah yang menjadi tempat kelahiran Rasulullah. Sebagai bentuk penghormatan, umat Islam menghadapkan wajahnya ke Kabah yang menjadi tempat paling mulia di muka bumi.

7. Bukti cinta Allah pada Rasul-Nya

Menghadap kiblat mengingatkan umat Islam tentang kecintaan Allah kepada Rasulullah. Ketika Rasulullah menilai bahwa menghadap ke Kabah lebih baik daripada menghadap ke Baitul Maqdis, beliau menengadah ke langit untuk menunggu izin Allah, tidak lama kemudian Allah mengabulkan harapan Rasulullah tersebut.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)