Mengulik Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 77 yang Menarik Diketahui

Rabu, 07 Februari 2024 - 16:48 WIB
loading...
Mengulik Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 77 yang Menarik Diketahui
Asbabun nuzul Surat Yasin menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui sejarah atau asal-usul turunnya ayat tersebut. Foto ilustrasi/ist
A A A
Asbabun nuzul Surat Yasin menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui sejarah atau asal-usul turunnya ayat tersebut.

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam kitab suci Al Qur’an. Terdiri atas 83 ayat, surat ini termasuk dalam golongan Makkiyah. Adapun penamaan Yasin untuk surat ini dikarenakan bacaannya yang dimulai dari kalimat ‘Yaasiin’.

Pada pembahasan kali ini, akan diulas sebab diturunkannya (asbabun nuzul) Surat Yasin ayat 77. Sebagaimana diterangkan Imam As-Suyuthi dalam buku “Asbabun Nuzul Sebab-sebab Turunnya Ayat Alquran”, berikut ulasannya.

Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 77

اَوَلَمۡ يَرَ الۡاِنۡسَانُ اَنَّا خَلَقۡنٰهُ مِنۡ نُّطۡفَةٍ فَاِذَا هُوَ خَصِيۡمٌ مُّبِيۡنٌ‏


“Awalam yaral insaanu annaa khalaqnaahu min nutfatin fa-izaa huwa khasiimum mubiin”

Artinya: ”Dan tidakkah manusia memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setetes mani, ternyata dia menjadi musuh yang nyata!”

Sebab turunnya ayat:

Diriwayatkan oleh Al-Hakim dengan sanad shahih. Dari Ibnu Abbas, ia berkata bahwa Al-Ash bin Wa'il datang menghadap Rasulullah SAW dengan membawa tulang yang rusak sambil mematahkannya.

Kemudian, ia berkata, "Hai Muhammad, apakah Allah akan membangkitkan tulang yang sudah lapuk ini?"

Nabi Muhammad SAW menjawab: "Benar, Allah akan membangkitkan ini, mematikan kamu, menghidupkan kamu kembali, serta memasukkanmu ke dalam neraka jahanam".

Setelah itu, turunlah ayat, "Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata!"

Kisah tersebut diriwayatkan juga oleh Ibnu Abi Hatim dari jalur Mujahid, Ikrimah, Urwah bin Zubair, dan As-Suddi dengan hadis serupa, namun bersama tambahan bahwa orang yang disebutkan bernama Ubay bin Khalaf.

Demikianlah ulasan mengenai asbabun nuzul Surat Yasin ayat 77 yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.


Wallahu A’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)