Adakah Dalil Membaca Surat Yasin di Malam Jumat? Begini Penjelasannya

Rabu, 07 Februari 2024 - 17:07 WIB
loading...
Adakah Dalil Membaca Surat Yasin di Malam Jumat? Begini Penjelasannya
Dalil membaca Surat Yasin di malam Jumat ini kerap dipertanyakan oleh setiap muslim, mengingat dalil yang shahih terkait surat dalam Al Quran yang dibaca ketika malam Jumat adalah Surah Al Kahfi. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalil membaca Surat Yasin di malam Jumat ini kerap dipertanyakan oleh setiap muslim. Mengingat dalil yang shahih terkait surat dalam Al Quran yang dibaca ketika malam Jumat adalah Surah Al Kahfi.

Membaca surat Yasin ketika malam Jumat seakan sudah menjadi hal yang sakral bagi masyarakat Indonesia. Khususnya bagi umat muslim yang berada di Pulau Jawa, dengan adanya budaya Yasinan, dimana setiap orang berkumpul bersama di malam Jumat sembari membaca surat Yasin.

Namun adakah dalil membaca surat Yasin di malam Jumat ? Karena jangan sampai menjadi umat muslim yang meninggalkan sunnah yakni membaca surat Al Kahfi ketika malam Jumat demi ibadah yang tidak ada dalam syariat Islam.

Dalil Membaca Surat Yasin di Malam Jumat

Para ulama meyakini jika dalil membaca surat Yasin pada malam Jumat ini terdapat dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله


Artinya: Barang siapa membaca surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. (HR Abu Daud dari al-Habr) Al-Manawi menegaskan bahwa hadis ini tergolong hadits yang sanadnya terputus.

Penjelasan tentang membaca Surat Yasin di malam Jumat ini juga dijelaskan dalam statemen Al-Manawi dalam kitabnya Faydl al-Qadir, komentar atas kitab Al-Jami’ al-Shaghir:

واعلم أن المتبادر إلى أكثر الأذهان أنه ليس المطلوب قراءته ليلة الجمعة ويومها إلا الكهف وعليه العمل في الزوايا والمدارس وليس كذلك فقد وردت أحاديث في قراءة غيرها يومها وليلتها ، منها ما رواه التيمي في الترغيب من قرأ سورة البقرة وآل عمران في ليلة الجمعة كان له من الأجر كما بين البيداء أي الأرض السابعة وعروبا أي السماء السابعة وهو غريب ضعيف جدا …الى أن قال...وخبر أبي داود عن الحبر من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله وفيه انقطاع


Artinya: Ketahuilah bahwa yang terlintas di pikiran banyak orang, bahwa tidak ada bacaan yang dianjurkan di malam Jumat kecuali surat Al-Kahfi, membacanya sudah menjadi amaliah di beberapa surau dan madrasah. Anggapan demikian tidak benar.

Sesungguhnya terdapat beberapa hadis tentang anjuran membaca surat selain Al-Kahfi di malam dan hari Jumat. Di antaranya hadits riwayat Al-Taimi dalam kitab Al-Targhib: Barang siapa membaca surat Al-Baqarah dan Ali Imran di malam Jumat, ia mendapat pahala sebesar sesuatu di antara bumi ketujuh dan langit ketujuh. Ini adalah hadis yang aneh dan sangat lemah.

Dan hadis Imam Abu Daud dari Al-Habr: Barang siapa membaca surat Yasin di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. Di dalam hadis ini terdapat sanad yang terputus. (Abdul Ra’uf al-Manawi, Faydl al-Qadir, juz 6, halaman: 258)

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan jika memang terdapat dalil membaca Surat Yasin pada malam Jumat, namun kualitas sanad hadits tentang keutamaan bacaan Surat Yasin ini tergolong lemah.

Sedangkan sanad kuat terkait surat yang harus dibaca ketika malam Jumat adalah surat Al Kahfi, sebagaimana hadis berikut :

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ


Artinya: "Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shahihul Jami'.).

Lantas bagaimana kita sebagai umat muslim menanggapi ini ? Langkah terbaik adalah mengutamakan sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, yakni membaca Surat Al Kahfi ketika malam Jumat.

Namun bukan berarti membaca surat Yasin tidak diperbolehkan di malam Jumat. Membaca surat Yasin tetap memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim, dimana salah satunya adalah mengabulkan segala doa.

Meski begitu langkah terbaik adalah menjalankan sunnah yakni membaca Surat Al Kahfi terlebih dahulu barulah membaca Surat Yasin di malam Jumat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3877 seconds (0.1#10.140)