MasyaAllah! Arab Saudi Bangun Stadion dengan Teknologi Tercanggih di Dunia

Jum'at, 23 Februari 2024 - 13:48 WIB
loading...
MasyaAllah! Arab Saudi Bangun Stadion dengan Teknologi Tercanggih di Dunia
Stadion baru Arab Saudi yang direncanakan berteknologi tercanggih di dunia. Foto/Ilustrasi: ArabNews
A A A
Arab Saudi akan membangun stadion olahraga bertajuk "Stadion Pangeran Mohammed bin Salman ". Proyek ini berlokasi di Qiddiya, 40 menit dari Riyadh, direncanakan memiliki beberapa teknologi tercanggih di dunia.

Arab News melaporkan bahwa rencana proyek ini diuangkap Dewan Perusahaan Investasi Qiddiya. Kini,stadion tersebit sedang dibangun di ketinggian 200 meter di Pegunungan Tuwaiq.

Sebelumnya, putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman meluncurkan rencana pembangunan perkotaan Kota Qiddiya yang bertujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata di wilayah tersebut, dan memastikan Riyadh menjadi salah satu dari 10 kota dengan perekonomian terbesar di dunia.

Stadion Pangeran Mohammed bin Salman juga kemungkinan menjadi tuan rumah beberapa pertandingan Piala Dunia FIFA 2034, namun dapat digunakan untuk olahraga lain termasuk rugbi, tinju, seni bela diri campuran, dan permainan.



Di antara fitur-fitur uniknya adalah tanah, langit-langit, dan dinding atas yang dapat dilipat dan dibuka, memungkinkan satu sisi untuk membuka dan memberikan pemandangan bagian bawah kota, yang mencakup atraksi ikonik seperti enam bendera Qiddiya dan taman air.

Selain itu, rangka luar stadion dan beberapa dinding serta atap internalnya akan ditutupi dengan sejumlah layar berukuran panjang 1,5 km, sehingga memberikan pengalaman mendalam bagi pengunjung.

Ini juga akan menampilkan sistem kontrol iklim canggih yang memungkinkan acara dan kompetisi berlangsung sepanjang tahun tanpa menghabiskan banyak energi.

Hal ini akan dicapai dengan menciptakan sebuah danau ramah lingkungan tepat di bawah stadion, tempat air hujan dikumpulkan dan dipompa ke dinding es, sehingga mendinginkan udara dalam ruangan.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)