Asbabun Nuzul Surat Al Fatihah, Serta Penjelasan Pentingnya Surat Ini dalam Salat

Senin, 04 Maret 2024 - 14:26 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat Al Fatihah, Serta Penjelasan Pentingnya Surat Ini dalam Salat
Surat Al Fatihah Foto istimewa
A A A
Surat Al Fatihah merupakan salah satu surat yang paling dikenal dan dihafal oleh setiap umat muslim. Mengingat membaca surat ini merupakan salah satu syarat wajib dalam salat.

Surat Al Fatihah , yang secara harfiah berarti "pembukaan," memiliki peran penting sebagai pintu gerbang dalam Al-Qur'an. Telah banyak riwayat dan hadits tentang seberapa pentingnya surat ini.

Terdapat pula beberapa riwayat yang menjelaskan tentang asbabun nuzul atau sebab turunnya surat Al Fatihah.

Surat Al Fatihah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ


Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ


Pemilik hari pembalasan.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ


Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

اِھْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَـقِيْمَ


Tunjukilah kami jalan yang lurus

صِرَاطَ الَّذِيۡنَ اَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ ۙ غَيۡرِ الۡمَغۡضُوۡبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا الضَّآلِّيۡنَ


(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Asbabun Nuzul Surat Al Fatihah

Imam As Suyuthi tidak menyebutkan sesuatu dalam surat ini, sehingga surat ini tidak memiliki sebab turun. Akan tetapi, untuk sekedar pengetahuan ada beberapa riwayat sekilah surat pembuka ini.

Imam Ahmad berkata di dalam Musnad-nya, "Bercerita kepada kami Yahya bin Sa'id dari Syu'bah.. dari Abi Sa'id bin Al Mu'alla berkata ;

"Suatu hari aku sedang melaksanakan shalat, kemudian Rasulullah SAW memanggilku. Akan tetapi, aku tidak menjawab panggilan beliau sehingga aku menyelesaikan shalat kemudian aku mendatangi beliau. Beliau bersabda, "Apa yang mencegahmu untuk tidak menjawab panggilanku?" Kemudian aku menjawab, "Wahai Rasulullah! Aku tidak menjawab panggilanmu karena aku sedang melaksanakan salat, beliau bersabda, "Bukanlah Allah telah berfirman, Penuhilah seruan Allah dan Rasul-Nya, apabila ia menyerumu kepada sesuatu yang memberi kehidupan padamu", Kemudian beliau melanjutkan sabdanya, "Sesungguhnya aku akan memberitahumu satu surat dalam Al Quran yang paling agung melangkahkan kakimu keluar dari masjid."

"Kemudian Rasulullah SAW mengambil tanganku dan ketika beliau hampir keluar dari masjid, aku berkata kepadanya, "Sesungguhnya engkau telah berkata, Aku akan memberitahumu satu surat dalam Al Quran." Beliau bersabda, "Iya, segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam, ia tujuh ayat dan Al Quran agung yang didatangkan kepadaku".

Dalam hadits Muslim diriwayatkan dari Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang shalat tidak membaca Ummul Kitab (Al Fatihah), maka tidak sempurna", maka dikatakanlah pada Abu Hurairah, "Sesungguhnya kami salat di belakang imam," Abu Hurairah berkata, "Bacalah dalam hatimu, sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, Allah SWT berfirman;
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)