Kisah Mualaf Kapolda Papua Mathius D Fakhiri, Akhirnya Mantap Peluk Agama Islam

Selasa, 30 April 2024 - 16:57 WIB
loading...
Kisah Mualaf Kapolda Papua Mathius D Fakhiri, Akhirnya Mantap Peluk Agama Islam
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. Foto dok MNCmedia
A A A
Kisah Mualaf Mathius D Fakhiri yang saat ini tengah mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Papua menarik untuk dibahas.

Informasi terkait mualafnya Kapolda Papua ini sebenarnya telah tersebar di sosial media sejak Februari 2024 lalu, setelah muncul video yang membahas bahwa Mathius D Fakhiri adalah seorang mualaf.

Fakta terkait mualafnya Irjen Pol. Mathius D Fakhiri kemudian viral kembali setelah akun YouTube AD Media Papua Official, menampilkan Mathius D Fakhiri memberikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H.

Dalam video youtube bertajuk 'Shalat Idul Fitri 1443 H Bersama Kapolda dan Wakapolda Papua di Masjid Al Muhajirin, Mapolda Papua, yang punya durasi lebih dari satu jam, nampak Irjen Mathius mengenakan baju koko berwarna coklat muda, celana panjang coklat tua, serta menggunakan kopiah dan masker hitam.

Dari video inilah masyarakat mulai mengetahui jika jenderal polisi bintang dua itu telah memeluk Agama Islam.

Setelah Kapolda Papua memberikan ucapan selamat tersebut, dilanjutkan dengan shalat id. Tampak Irjen Mathius D Fakhiri turut berdiri dan salat id bersama jemaah lainnya, mengikuti imam yang memimpin salat id.

Dari video tersebut, warganet banyak memberikan komentar. Dari banyaknya komentar, ada salah satu yang menyebutkan jika Irjen Mathius menjadi mualaf karena mengikuti agama sang Istri.

"Beliau menjadi mualaf karena ikut istrinya," ungkap @rizki***.

Memang diketahui jika Istri Kapolda Papua yang bernama Rafatul Mulkiyah memanglah memeluk Agama Islam. Dari pernikahannya ini, pasangan tersebut telah dikaruniai empat anak.

Namun hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti alasan Mathius D Fakhiri memilih untuk memeluk agama Islam.

Dalam riwayat kariernya, Mathius sempat menjabat sebagai Wadirpamobvit Polda Kalsel. Tiga tahun berselang, dia dirotasi untuk menjabat sebagai Kasat Brimob Polda Papua tahun 2014.

Setelah itu kariernya terus melejit hingga sempat menduduki sejumlah jabatan strategis. Contohnya seperti, Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri tahun 2018, dan Wakapolda Papua Barat di tahun 2020.

Pada tahun yang sama, Fakhiri kembali terkena mutasi untuk menjadi Wakapolda Papua. Barulah di tahun 2021 dirinya diangkat menjadi Kapolda Papua.

Itulah sosok Mathius D Fakhiri, jenderal polisi bintang dua yang merupakan seorang mualaf.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)