Arab Saudi Hukum Instruktur Kebugaran Manahel al-Otaibi 11 Tahun Penjara

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:42 WIB
loading...
Arab Saudi Hukum Instruktur Kebugaran Manahel al-Otaibi 11 Tahun Penjara
Manahel al-Otaibi. Foto/Ilustrasi: The Independent
A A A
Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara kepada instruktur kebugaran Manahel al-Otaibi. Perempuan berusia 29 tahun ini dinyatakan bersalah karena pilihan pakaiannya dan pembelaannya atas hak-hak perempuan.

Amnesty International dan kelompok hak asasi manusia Alqst, sebagaimana dilansir Middle East Eye (MEE) menyebut Pengadilan Kriminal Khusus (SCC) yang terkenal kejam menghukum Otaibi dalam sidang rahasia pada tanggal 9 Januari, namun keputusan tersebut baru diketahui beberapa minggu kemudian dalam jawaban resmi pemerintah Saudi atas permintaan informasi oleh pakar PBB tentang kasus ini.

“Keputusan tersebut secara langsung bertentangan dengan narasi pemerintah mengenai reformasi dan pemberdayaan perempuan,” kata kelompok hak asasi manusia dalam sebuah pernyataan.



Otaibi menghadapi dakwaan terkait opini yang dia utarakan secara online sebagai influencer media sosial dan juga karena mengenakan “pakaian tidak senonoh”, kata kelompok tersebut.

Ini termasuk unggahan yang menyerukan diakhirinya sistem perwalian laki-laki di Arab Saudi, dan unggahan lainnya di mana dia tampil di depan umum tanpa pakaian tradisional perempuan Saudi (abaya).

Adik perempuan Otaibi, Fawzia, juga menghadapi tuduhan serupa, tetapi dia melarikan diri dari Arab Saudi pada tahun 2022 karena takut ditahan.

Otaibi ditahan pada 16 November 2022 dan saat ini ditahan di Penjara Malaz di ibu kota Riyadh. Pada bulan April, dia memberi tahu keluarganya bahwa dia ditahan di sel isolasi karena patah kaki dan ditahan dalam kondisi yang tidak manusiawi.

Advokat hak asasi manusia ini telah dihukum karena “pelanggaran teroris” berdasarkan pasal 43 dan 44 undang-undang kontra-terorisme Saudi, yang mengkriminalisasi “siapa pun yang, dengan cara apa pun, menyiarkan atau mempublikasikan berita, pernyataan, rumor palsu atau jahat, atau sejenisnya. karena melakukan kejahatan teroris”.

Bissan Fakih, juru kampanye Amnesty International di Arab Saudi, mengatakan hukuman terhadap Otaibi adalah “ketidakadilan yang mengerikan dan kejam”.



Dia menambahkan bahwa Otaibi telah menghadapi berbagai pelanggaran sejak penangkapannya, termasuk penghilangan paksa selama lebih dari lima bulan dan kekerasan fisik yang dilakukan oleh petugas penjara.

“Dengan hukuman ini, pihak berwenang Saudi telah mengungkap kekosongan reformasi hak-hak perempuan yang banyak digembar-gemborkan dalam beberapa tahun terakhir dan menunjukkan komitmen mengerikan mereka untuk membungkam perbedaan pendapat secara damai,” kata Fakih.

Kontradiktif

Pembela hak asasi manusia dan pengacara Saudi menuduh Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengawasi tindakan keras terhadap pengguna media sosial setelah ia naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 2017 dan diperkenalkannya badan peradilan terkenal seperti SCC.

Undang-undang kontraterorisme yang digunakan untuk menghukum Otaibi disahkan tak lama setelah Bin Salman menjadi putra mahkota. Human Rights Watch mengkritik undang-undang tersebut karena definisinya yang luas tentang terorisme.

Demikian pula, dua badan baru yang digunakan untuk menindas aktivis – Kepresidenan Keamanan Negara dan Kantor Kejaksaan – dibentuk melalui dekrit kerajaan pada tahun yang sama.



Pada bulan Agustus tahun lalu, SCC menjatuhkan hukuman 18 tahun penjara kepada seorang siswi, Manal al-Gafiri, karena memposting tweet yang mendukung tahanan politik di kerajaan tersebut.

Mohammed al-Ghamdi, seorang pensiunan guru, dijatuhi hukuman mati pada bulan yang sama karena komentar yang dibuat di X dan YouTube, sementara kandidat doktor Universitas Leeds Salma al-Shehab dijatuhi hukuman 34 tahun penjara pada tahun 2022 karena postingan media sosial yang menuntut hak asasi manusia. .
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2934 seconds (0.1#10.140)
pixels