Pelajar Palestina di Mesir: Saya Merasa Para Mahasiswa di Amerika Adalah Suara Kami

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:24 WIB
loading...
Pelajar Palestina di Mesir: Saya Merasa Para Mahasiswa di Amerika Adalah Suara Kami
Tenda dengan pesan terima kasih yang didedikasikan untuk mahasiswa Universitas Columbia di New York, di kamp pengungsi Rafah pada tanggal 27 April 2024. Foto: Al Jazeera
A A A
Pada tanggal 21 April, hati Hala Sharaf terasa berat saat meninggalkan keluarganya di Gaza untuk melanjutkan studinya di Kairo, Mesir .

Setelah selamat dari perang Israel yang menghancurkan wilayah kantong yang terkepung, dia khawatir dunia telah melupakan penderitaan rakyatnya.

Gaza berada di bawah serangan Israel tanpa henti sebagai pembalasan atas serangan pimpinan Hamas terhadap komunitas Israel dan pos-pos militer pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan 1.139 orang dan sekitar 250 orang ditawan.

Di Kairo, Hala melihat video mahasiswa yang melakukan protes di seluruh Amerika Serikat karena ancaman skorsing dan penggerebekan polisi.



Mahasiswa kedokteran tahun kedua itu terkejut. Dia mengira bahwa pembaca di negara-negara Barat akan cepat bosan dengan pemberitaan yang meliput kematian dan kehancuran di Palestina, dan dia tidak pernah membayangkan bahwa rekan-rekannya di Amerika akan mempertaruhkan masa depan mereka untuk menyerukan gencatan senjata dan mengakhiri pendudukan Israel di Palestina.

“Sepertinya hanya pelajar yang mendukung kami, namun mereka membuat kami merasa sangat berharap untuk menolak apa yang dilakukan Amerika dan Israel terhadap kami,” Sharaf, 20, mengatakan kepada Al Jazeera.

Suara Kami

Kehidupan Sharaf adalah salah satu dari jutaan nyawa warga Palestina yang menderita akibat perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan sekitar 35.000 warga Palestina, membuat sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya terpaksa mengungsi, dan menempatkan keluarga mereka di luar Gaza dalam penderitaan ketidakpastian saat mereka mencari informasi tentang orang-orang yang mereka cintai.

“Tidak ada yang bisa membayangkan apa yang kami alami di Gaza. Kami kehilangan rumah dan [segala sesuatu yang menopang] masyarakat kami.”



Banyak warga Palestina telah berangkat ke Mesir untuk menghindari serangan Israel yang tiada henti dan ancaman invasi Rafah di perbatasan Mesir, tempat setidaknya 1,5 juta warga Palestina yang mengungsi dari seluruh Gaza berlindung.

Empat mahasiswa Palestina yang baru-baru ini datang ke Kairo berbicara kepada Al Jazeera tentang protes mahasiswa AS.

“Saya merasa para mahasiswa di Amerika adalah suara kami,” kata Zahra al-Kurd, 19, seorang mahasiswa kedokteran Palestina di Kairo.

“Bahkan jika protes tidak mengubah situasi kami saat ini, kami tahu bahwa hal ini akan membantu kami dalam jangka panjang.”

Al-Kurd mengatakan dia kehilangan 250 anggota keluarganya sejak Israel melancarkan perang di Gaza.

Pada minggu pertama perang, al-Kurd dan keluarganya melarikan diri ke Gaza selatan untuk mencari keselamatan dari pemboman tanpa pandang bulu Israel.

Namun setelah mereka tiba, sebuah bom jatuh di rumah sebelah tempat mereka menginap dan meratakan lingkungan sekitar.



Al-Kurd kehilangan 17 anggota keluarganya dalam serangan Israel itu, tapi dia selamat.

“Wajah ibu saya terlalu rusak untuk dapat diidentifikasi… dan ayah saya meninggal di rumah sakit karena luka-lukanya sekitar seminggu kemudian,” katanya.

Kehilangan Masa Depan

Sejak 7 Oktober, Israel telah menghancurkan atau merusak lebih dari 280 sekolah dan 12 universitas di Gaza.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)