3 Pesan Penting Kadaker Makkah untuk Jemaah Haji Indonesia Jelang Umrah Wajib

Jum'at, 24 Mei 2024 - 21:51 WIB
loading...
3 Pesan Penting Kadaker Makkah untuk Jemaah Haji Indonesia Jelang Umrah Wajib
Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Khalilurrahman menitipkan pesan kepada jemaah haji Indonesia menjelang umrah wajib. Foto/SINDOnews/andryanto wisnuwidodo
A A A
JAKARTA - Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Khalilurrahman menitipkan pesan kepada jemaah haji Indonesia menjelang umrah wajib. Pasalnya, Umrah wajib menjadi rangkaian ibadah yang akan dilakukan jemaah haji Indonesia setibanya di Kota Makkah.

"Kami mengimbau jemaah untuk memperhatikan beberapa hal dalam pelaksanaan umrah wajib. Pertama, setibanya di Makkah, jangan buru-buru berangkat umrah. Istirahat dulu. Terutama bagi jemaah gelombang ke-2 yang berangkat sudah memakai pakaian ihram dari Tanah Air," pesan Khalilurrahman pada Jumat (24/5/2024).

Kedua, pilih waktu umrah saat matahari tidak terik, seperti sore atau malam hari. "Ketiga, selalu pergi bersama-sama atau rombongan. Dan pastikan rombongan yang berangkat dan pulang sama jumlahnya," kata Khalil.



"Bagi jemaah lansia, pastikan juga untuk selalu ada pendamping. Khusus bagi jemaah lansia tanpa pendamping, Ketua Kloter harap berkoordinasi dengan petugas sektor agar bisa kita fasilitasi," imbuhnya.

Terakhir, Khalil meminta jemaah agar tidak memaksakan diri saat melaksanakan umrah. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung dan penyakit yang memengaruhi ketahanan fisik lainnya.

"Kalau sedag thawaf atau sai mengalami gejala-gejala yang tidak nyaman fisiknya, berhenti dulu sejenak. Jangan dipaksakan," tutup Khalil.

(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)
pixels