Kapan Puasa Dzulhijjah Tahun 2024? Berikut Jadwalnya

Kamis, 06 Juni 2024 - 12:09 WIB
loading...
Kapan Puasa Dzulhijjah Tahun 2024? Berikut Jadwalnya
Puasa Dzulhijjah dilaksanakan sebelum hari Raya Idul Adha, dan dianjurkan dilaksanakan mulai 9 hari pertama awal bulan Dzulhijjah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kapan puasa Dzulhijjah di tahun 2024 ini dimulai? Puasa Dzulhijjah dilaksanakan sebelum hari Raya Idul Adha, dan dianjurkan dilaksanakan mulai 9 hari pertama awal bulan Dzulhijjah.

Awal Dzulhijjah sendiri menurut Kalender Hijriah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, 1 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Artinya, selama 7 hari berturut-turut sejak hari tersebut umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa Dzulhijjah.

Puasa sunnah di awal bulan Haji ini dianjurkan karena sangat disukai Allah Subhanahu Wata'ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas Radhiyallahu'anhu, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

"Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT. daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah? Rasulullah menjawab, 'walau jihad di jalan Allah kecuali selama-lamanya (Menjadi syahid)." (HR Bukhari)

Dikutip dari buku "Koleksi Doa Dzikir Sepanjang Mas' karya Ustadz Ali Amrin al-Qurawy, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda tentang keutamaan melaksanakan puasa di Bulan Dzulhijjah.

"Barang siapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Sedangkan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun."

Bacaan niat Puasa Dzulhijjah yang bisa diucapkan:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى


Latin: Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala"



Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)
pixels