Kepala KUH Imbau Jemaah Haji Bayar Dam Haji di Tempat Resmi

Kamis, 06 Juni 2024 - 09:37 WIB
loading...
Kepala KUH Imbau Jemaah Haji Bayar Dam Haji di Tempat Resmi
Kepala Kantor Urusan Haji (KUH), Nasrullah Jassam mengimbau kepada para jemaah haji untuk membayar Dam di tempat-tempat resmi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada pesan penting bagi jemaah haji Indonesia terkait pembayaran Dam haji . Kepala Kantor Urusan Haji (KUH) Nasrullah Jassam mengimbau kepada para jemaah haji untuk membayar Dam di tempat-tempat resmi.

Nasrullah menjelaskan jika membayar di tempat-tempat resmi tersebut, jemaah akan lebih tenang. Menurut Nasrullah, bisa dipastikan hewan yang akan disembelih sesuai syarat-syarat yang telah ditentukan.



"Untuk pembayaran Dam jemaah haji bisa membayar di tempat-tempat resmi yang sudah diberikan izin oleh pemerintah Arab Saudi, untuk memastikan kepastian pemenuhan syarat sahnya," ujar Nasrullah di Kantor KUH, Jeddah, Rabu (5/6/2024).

Nasrullah melanjutkan jemaah perlu memastikan bahwa dam yang dibayarkan benar-benar dilakukan dan disalurkan oleh lembaga tersebut karena hal itu menyangkut keabsahan ibadah haji. Karena itu, jemaah juga perlu mengkroscek bahwa tempat pembayaran dam benar-benar amanah. Selain itu, ia juga meminta jemaah tidak tergiur tawaran-tawaran yang tidak rasional.

"Jangan tergiur oleh tawaran tawaran dari oknum-oknum yang menawarkan penyembelihan Dam dengan harga yang tidak rasional. Kita harus memastikan bahwa Dam yang kita bayarkan, binatang yang kita sembelih itu memenuhi kualifikasi syariat," terangnya.

Alumni Al-Azhar ini menyarankan agar jemaah membayar Dam di lembaga-lembaga resmi milik Pemerintah Arab Saudi yang terjamin amanahnya dan dagingnya bisa dikirimkan ke Indonesia. Ada beberapa lembaga yang disarankan, misalnya RPH Adhahi dan RPH al-Ukaysah yang masuk dalam surat edaran Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Nomor 04 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pembayaran DAM/Hadyu Tahun 1445 H/2024 M.

"Karena itu pastikan bahwa tempat kita untuk membayar Dam itu betul-betul tempat yang resmi dan berizin dari Kementerian Haji Arab Saudi, banyak pilihan misalnya ada Adhahi yang merupakan tempat resmi untuk pembayaran Dam untuk jamaah haji, bukan hanya dari Indonesia tapi dari seluruh dunia," paparnya.

Nasrullah Jassam juga menjelaskan bahwa membayar dam di RPH tersebut sudah bisa dilakukan di counter-counter resmi maupun bisa datang langsung ke tempat pembayaran, seperti bank yang terafiliasi dengan RPH.



"Sekali lagi kami minta agar jemaah hati-hati soal ini apalagi tergiur oleh tawaran tawaran dari oknum yang tidak bertanggung jawab," tutupnya.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)
pixels