Alasan Skema Murur Didahulukan Pergerakannya dari Arafah

Kamis, 06 Juni 2024 - 12:28 WIB
loading...
Alasan Skema Murur Didahulukan Pergerakannya dari Arafah
Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag, Subhan Cholid mengatakan skema murur lebih dari lima kali pembahasan, antara lain dilakukan dengan pihak Masyariq dan Naqabah (Organda Saudi). Foto/SINDOnews/ndryanto Wisnuwidodo
A A A
ARAB SAUDI - Skema murur ditetapkan setelah Kementerian Agama (Kemenag) melakukan serangkaian pembahasan dengan otoritas Arab Saudi. Skema murur dilakukan untuk menjaga keselamatan jemaah haji Indonesia selama puncak haji 2024.

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag, Subhan Cholid mengatakan lebih dari lima kali pembahasan, antara lain dilakukan dengan pihak Masyariq dan Naqabah (Organda Saudi). Dari pihak Kemenag, selain Subhan Cholid selaku pengendali teknis layanan luar negeri, hadir juga Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam.



Dalam proses pembahasan dan kajian ini, PPIH Arab Saudi juga berkirim surat ke Kementerian Umrah dan Haji Arab Saudi. Di Tanah Air, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief melakukan safari ke sejumlah ormas untuk juga mendiskusikan masalah murur ini.

Dirjen PHU antara lain berkunjung ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Nahdlatul Ulama. Setelah melalui proses kajian, dipilih skema murur didahulukan.

Subhan Cholid menjelaskan alasan jemaah dengan skema murur didahulukan pergerakannya dari Arafah. Menurutnya, alasan paling utama adalah menghindari kepadatan dan masyaqqah yang lebih besar.

Apalagi, jemaah yang ikut dalam skema ini masuk kategori risti, lansia, dan disabilitas. "Kita dahulukan keberangkatannya untuk menghindari pertemuan jalur murur dan jalur taraddudi Muzdalifah-Mina. Jadi saat murur berjalan, jalur dari Arafah ke Muzdalifah dan Mina masih kosong. Sebab, pergerakan Arafah ke Muzdalifah baru dimulai setelah pukul 22.00 WAS dan pergerakan dari Muzdalifah ke Mina, baru dimulai sekitar pukul 23.30 WAS,” jelas Subhan.

“Keberangkatan jemaah dengan skema murur lebih awal, akan memberikan waktu lebih longgar bagi jemaah risti, lansia, dan disabilitas untuk naik dan turun kendaraan, baik di Arafah maupun saat tiba di Mina. Jadwal murur lebih awal juga akan menghindari penumpukan kedatangan jemaah haji di Mina,” sambungnya.

“Meski tiba lebih awal, jemaah risti, lansia, dan disabilitas, cenderung tidak beraktivitas keluar masuk tenda, sehingga tidak mengganggu lalu lintas,” tandasnya.



Subhan menambahkan bahwa PPIH terus mendorong petugas kloter dan sektor untuk menyosialisasikan jadwal dan skema keberangkatan ini kepada jemaah. Para konsultan dan pembimbing ibadah akan memberikan penguatan dan pemahaman kepada jemaah terkait skema murur ini.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)
pixels