KJRI Telusuri Jemaah Selebgram Gunakan Visa Ziarah di Makkah

Jum'at, 07 Juni 2024 - 07:24 WIB
loading...
KJRI Telusuri Jemaah...
KJRI Telusuri Jemaah Selebgram Gunakan Visa Ziarah di Makkah/MCH 2024
A A A
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah menelusuri keberadaan rombongan jemaah haji selebgram yang menggunakan non visa haji . Mereka diduga menjadi korban dari seorang selebgram, karena niat berhaji menggunakan visa ziarah yang dilarang masuk ke Makkah oleh pemerintah Arab Saudi.

Konjen RI di Jeddah, Yusron B Ambary mengatakan dari informasi awal jemaah kini berada di Makkah. Pihaknya juga masih terus mencari keberadaan jemaah di Makkah. "Jemaahnya masih kita telusuri di mana posisinya, karena mereka ya seperti gak ada lagi yang ngurus saat ini," ucap Yusron kepada tim Media Center Haji di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Kamis (6/6/2024) Waktu Arab Saudi.



Saat ini, pihaknya baru mendengar kabar oknum selebgram masih dalam pemeriksaan pihak aparat keamanan Arab Saudi. Yusron menilai mereka dilarang masuk saat Armuzna nanti karena tidak memiliki surat izin masuk (Tasreh).

"Seorang selebgram ya, cuma detail ya kami belum tahu lebih lanjut dan sudah ditahan oleh pihak keamanan Arab Saudi. Karena dia jualan haji tanpa Tasreh melalui visa ziarah dan sudah ada jemaahnya di Makkah," katanya.

Guna mengantisipasi kejadian yang sama, pihak Kemenag RI dan Kementerian Arab Saudi melakukan razia di berbagai akun media sosial. Bahkan, pemerintah Arab Saudi sudah mengantongi nama - nama travel yang bermasalah.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)