Jemaah Haji Mabit di Muzdalifah secara Murur, Disiapkan 4 City Bus Per Maktab

Sabtu, 08 Juni 2024 - 16:59 WIB
loading...
Jemaah Haji Mabit di Muzdalifah secara Murur, Disiapkan 4 City Bus Per Maktab
Jemaah haji Indonesia yang mabit di Muzdalifah secara murur akan disiapkan 4 city bus. PPIH Arab Saudi akan memberlakukan skema murur saat Mabit di Muzdalifah. Foto/SINDOnews/Andryanto Wisnuwidodo
A A A
MAKKAH - Jemaah haji Indonesia yang mabit di Muzdalifah secara murur akan disiapkan 4 city bus. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan memberlakukan skema murur saat Mabit di Muzdalifah.

Skema ini utamanya diperuntukkan bagi jemaah haji risiko tinggi, lanjut usia, disabilitas, pengguna kursi roda, dan para pendampingnya. Pergerakan jemaah haji Indonesia dari Arafah pada operasional haji 1445 H/2024 M terbagi dalam dua skema, normal dan murur.



Pola normal adalah sistem taraddudi (shuttle) yang mengantar jemaah dari Arafah menuju Muzdalifah. Sementara Mabit di Muzdalifah dengan cara murur adalah mabit (bermalam) yang dilakukan dengan cara melintas di Muzdalifah, setelah menjalani wukuf di Arafah.



Jemaah saat melewati kawasan Muzdalifah tetap berada di atas bus (tidak turun dari kendaraan), lalu bus langsung membawa mereka menuju tenda Mina. Jemaah haji Indonesia saat di Arafah menempati 1.169 tenda yang terbagi dalam 73 maktab atau markaz.

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag, Subhan Cholid mengatakan, setiap maktab akan disiapkan 10 bus yang akan membawa jemaah dari Arafah.



“Sebanyak enam bus setiap maktab disiapkan untuk membawa jemaah dari Arafah menuju Muzdalifah secara taraddudi. Sedang empat city bus disiapkan untuk membawa jemaah dari Arafah lalu melintas di Muzdalifah dan langsung ke Mina. Jadi untuk keperluan murur, akan disiapkan empat city bus per Maktab,” jelas Subhan Cholid di Makkah, Sabtu (8/6/2024).

“PPIH Arab Saudi menargetkan ada 55.000 jemaah haji risti, lansia, disabilitas, berkursi roda dan para pendampingnya yang ikut dalam skema murur ini,” ujar Subhan Cholid.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)
pixels