Petugas Daker Bandara Bergerak ke Makkah, Perkuat Satgas Muzdalifah saat Puncak Haji

Selasa, 11 Juni 2024 - 20:40 WIB
loading...
Petugas Daker Bandara Bergerak ke Makkah, Perkuat Satgas Muzdalifah saat Puncak Haji
PPIH Arab Saudi Daker Bandara akan beralih tugas sebagai Satgas Muzdalifah dalam operasional Armuzna saat puncak haji 2024. Foto/SINDOnews/andryanto wisnuwidodo
A A A
JAKARTA - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Bandara akan beralih tugas sebagai Satuan Tugas (Satgas) Muzdalifah dalam operasional Armuzna saat puncak haji 2024 . Sebelumnya, PPIH Daker Bandara menjalankan tugas menyambut kedatangan 213.275 jemaah haji Indonesia reguler dalam dua gelombang di Bandara Madinah dan Bandara Jeddah.

Setelah melalui fase pelayanan kedatangan jemaah haji, petugas Daker Bandara akan fokus pada penyiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Hari ini, ratusan Petugas Daker Bandara bergeser ke Makkah untuk bergabung dalam Satgas Armuzna.

Kadaker Bandara Abdillah mengatakan, petugas Daker Bandara akan segera diberangkatkan ke Makkah. "Nanti kami akan bergerak menuju Makkah untuk berkonsolidasi, berkoordinasi penyiapan layanan puncak haji di Armuzna," kata Abdillah di Bandara Jeddah, Selasa (11/6/2024).



"Petugas Daker Bandara akan bertugas secara khusus di Muzdalifah," lanjutnya.

Artinya, petugas akan melakukan cek kesiapan di Muzdalifah mulai dari fungsi toilet-toilet yang ada di Muzdalifah, ketersediaan air, serta memastikan semua fasilitas yang ada sudah tersedia dengan baik.



Kepada jemaah, Abdillah mengingatkan untuk menghadapi puncak haji beberapa hari ke depan, diperlukan persiapan baik fisik maupun persiapan ibadah. "Tentunya jamaah bisa membatasi kegiatan untuk mempersiapkan fisik selama pelaksanaan puncak haji. Aktivitas ibadah bisa dilakukan di masjid terdekat dengan hotel atau di musala yang disediakan di dalam hotel," katanya.

Pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Zulhijjah 1445 H bertepatan dengan 7 Juni 2024. Karenanya, wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1444 H bertepatan dengan 15 Juni 2024. Sementara, Iduladha 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Ahad, 16 Juni 2024.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)
pixels