6 Jemaah yang Hilang saat Puncak Haji Ditemukan, 1 Sudah Dimakamkan Masyariq

Senin, 24 Juni 2024 - 21:36 WIB
loading...
6 Jemaah yang Hilang saat Puncak Haji Ditemukan, 1 Sudah Dimakamkan Masyariq
Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Linjam) PPIH Arab Saudi Harun Arrasyid mengatakan, enam jemaah yang hilang saat puncak haji telah ditemukan. Foto/SINDOnews/andryanto wisnuwidodo
A A A
JAKARTA - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menerima enam laporan jemaah haji hilang saat pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Enam jemaah itu semua sudah ditemukan.

"Laporan yang kami diterima dari ketua rombongan, ketua regu dan ketua kloter tentang jemaah yang terpisah dari rombongan ketika puncak haji di Armuzna, khususnya ketika di Mina, semuanya 6 orang," kata Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Linjam) PPIH Arab Saudi Harun Arrasyid di Makkah, Senin (24/6/2024).

Pencarian dilakukan sejak puncak haji, selama enam hari ke berbagai tempat dan melalui jaringan rekan-rekan di rumah sakit Arab Saudi. Petugas menemukan keenam jemaah itu tersebar di rumah sakit, ada juga yang diantarkan kepolisian Arab Saudi hingga ada laporan sudah dimakamkan oleh pihak maktab atau masyariq.



"Enam hari pencarian kita temukan enam orang, satu di antaranya kita temukan dari informasi maktab atau masyariq sudah ada di daftar pemakaman. Keluarga juga sudah kami informasikan dan sekarang sedang proses administrasi,” ucapnya.

Dari total enam jemaah itu terdiri dari empat jemaah reguler yang berasal dari kloter BTH 18, SOC 75 dan JKG 11. Sedangkan dua lainnya dari furoda dan visa ziarah. "Itu masuk laporannya ke kami, karena kami sebagai tim yang bergerak menangani itu kami langsung bergerak karena mereka jemaah haji Indonesia yang perlu kita lindungi dan kita cari,” ucapnya.



Menurut Harun, kasus jemaah hilang saat puncak haji itu karena terpisah dari rombongan saat pulang dari Jamarat atau tempat lontar jumrah. Ada juga yang hilang di sekitar tenda karena bingung kembali ke tendanya di Mina.

PPIH, kata Harun, sudah memberikan kabar kepada keenam keluarga jemaah yang hilang tersebut. Pihak keluarga menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah membantu mencarikan keluarga mereka.

"Mereka mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tim dan PPIH atas apa yang telah kita kerjakan. Kami mohon doanya mudah-mudahan semua dalam keadaan aman setelah Puncak Armuzna,“ ucap Harun
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3626 seconds (0.1#10.140)
pixels