Hima Persis Apresiasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024

Rabu, 26 Juni 2024 - 00:53 WIB
loading...
Hima Persis Apresiasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024
Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) Rizal Faturrohman bersyukur atas lancarnya penyelenggaraan ibadah haji 1445 H ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Rangkaian penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 memasuki tahap akhir dengan mulai kembalinya para jemaah ke Tanah Air. Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) Rizal Faturrohman bersyukur atas lancarnya penyelenggaraan ibadah haji 1445 H ini.

"Saya sangat bangga dengan kinerja Kementerian Agama yang telah sukses mengelola dan menyelenggarakan ibadah haji 1445 H. Koordinasi yang baik dan persiapan yang matang PPIH di bawah komando Kemenag telah membuat semua proses berjalan dengan lancar," ujar Rizal dalam keterangannya, Selasa (25/6/2024).

Rizal yang juga Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) ini memuji berbagai fasilitas yang disediakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk para jemaah. "Mulai dari akomodasi, layanan kesehatan, semua disiapkan begitu matang, khususnya dalam memberikan perhatian ekstra kepada jemaah lanjut usia (lansia)," katanya.

Fasilitas yang disediakan oleh Kemenag tidak hanya mencakup kebutuhan dasar seperti makanan dan tempat tinggal, tetapi juga berbagai layanan khusus untuk jemaah lansia. "Kemenag telah menyediakan tenda-tenda khusus dan layanan kesehatan yang memadai untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan para jemaah lansia. Pendampingan yang diberikan juga sangat membantu mereka dalam menjalankan rangkaian ibadah haji," jelasnya.



Rizal juga menggarisbawahi pendekatan yang humanis dan ramah lansia dalam penyelenggaraan haji kali ini. "Petugas haji yang ramah dan sigap dalam memberikan bantuan menunjukkan bahwa Kemenag tidak hanya fokus pada aspek logistik, tetapi juga pada aspek kemanusiaan. Ini sangat penting untuk memastikan jemaah lansia merasa diperhatikan dan dihargai," ujarnya.

Selain itu, Rizal mengapresiasi pengelolaan logistik yang efisien oleh Kemenag. "Pengaturan transportasi yang baik, dengan bus yang nyaman dan aksesibilitas yang diperhatikan, sangat membantu jemaah lansia dalam bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya," kata Rizal.

Kesiapan Kemenag dalam menghadapi berbagai situasi darurat juga patut diapresiasi. "Kesiapan tim medis dan ketersediaan fasilitas kesehatan di setiap titik penting dari rangkaian ibadah haji adalah bukti nyata komitmen Kemenag untuk memberikan pelayanan terbaik."

Kelancaran ibadan haji tahun ini, menurut Rizal, tidak lepas dari kerja sama yang baik antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. "Kerja sama yang solid antara kedua negara memungkinkan penanganan yang cepat dan efektif terhadap berbagai kebutuhan jemaah, terutama lansia. Kami berharap kerja sama ini terus ditingkatkan di masa depan," ujarnya.



Rizal berharap kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat menjadi contoh bagi pelaksanaan haji pada masa mendatang. "Kami berharap Kemenag terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan bagi jemaah, terutama lansia, agar ibadah haji selalu berjalan lancar dan membawa keberkahan bagi seluruh umat."
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)
pixels