6.950 Jemaah Haji Gelombang II Diberangkatkan ke Madinah, Zulkifli Sedih Tinggalkan Makkah

Rabu, 26 Juni 2024 - 18:51 WIB
loading...
6.950 Jemaah Haji Gelombang...
6.950 Jemaah Haji Gelombang II Diberangkatkan ke Madinah, Zulkifli Sedih Tinggalkan Makkah/MCH 2024
A A A
Perdana, hari ini, 6.950 jemaah haji Indonesia dari gelombang II diberangkatkan ke Madinah, Rabu (26/6/2024). Sebanyak 6.950 jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam 17 kelompok terbang (kloter) diberangkatkan perdana hari ini dari Makkah ke Madinah.

Pantauan di lapangan, di Hotel Yaqub Al Qoqandi I, Syisyah Makkah, jemaah haji yang tergabung dalam kloter 12 embarkasi BTH, mulai diberangkatkan sekitar pukul 07.00 WAS. "Sedih rasanya meninggalkan Makkah, entah kapan ke sini lagi. Saya ke sini menunggu 12 tahun,” ujar Zulkifli, jemaah asal Batam.



Zulkifli mengaku selama berada di Makkah hingga puncak haji mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari para petugas haji. "Dari awal keberangkatan sampai di sini, saat puncak haji semua terlayani dengan baik,” ujarnya.

Ia mengungkapkan pengalamannya saat puncak haji, di mana ia dan istrinya berjalan 30 kilometer dari Mina ke Jamarat lanjut ke Masjidilharam. “Dari masjidilharam naik bus turun di terowongan, jalan kaki menuju Mina. Luar biasa, pengalaman spiritual yang tak bisa dilupakan,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Kembali Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang menurutnya telah memberikan pelayanan yang terbaik. “Mereka tak kenal waktu, terima kasih sekali,” ujar Zulkifli yang mengaku cocok dengan menu makanan selama berada di Makkah.

Sementara itu, Kepala Sektor II Syahrudin mengatakan dari kloter 12 Embarkasi BTH ini ada sebanyak 448 jemaah haji yang diberangkatkan ke Madinah. “Dua orang tidak ikut karena sakit masih dirawat,” ujar Syahrudin.

Selain pergerakan jemaah haji gelombang II ke Madinah, secara bertahap jemaah haji gelombang I juga mulai dipulangkan ke tanah air. Hingga Rabu pagi (26/6/2024), berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), sebanyak 84 kloter sudah dipulangkan ke tanah air. Total jemaah haji reguler sebanyak 553 kloter.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)