6 Pos Sektor Khusus Masjid Nabawi untuk Layani Jemaah Haji Indonesia

Jum'at, 28 Juni 2024 - 08:35 WIB
loading...
6 Pos Sektor Khusus Masjid Nabawi untuk Layani Jemaah Haji Indonesia
6 Pos Sektor Khusus di Masjid Nabawi untuk Layani Jemaah Haji Indonesia/Andryanto Wisnuwidodo/Sindonews
A A A
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH ) Daker Madinah sektor Khusus Nabawi menyiapkan sejumlah pos khusus di sekitar Masjid Nabawi . Pos khusus disiapkan untuk memudahkan jemaah haji Indonesia saat beribadah di Masjid Nabawi.

"Keberadaan pos petugas tersebut untuk memudahkan jemaah mencari bantuan yang dibutuhkan, juga menjadi pedoman bagi para jemaah haji di masing-masing sektor saat masuk ke Masjid Nabawi," ungkap Kepala Sektor Khusus Nabawi, Surnadi, saat ditemui tim Media Center Haji di Madinah, Kamis (27/6/2024).



Berikut titik atau pos Sektor Khusus Masjid Nabawi:

1. Pos 1 untuk jemaah haji sektor 1, berada di Pintu Utama No. 332;
2. Pos 2 untuk jemaah haji sektor 2, berada di Pintu Utama No. 326;
3. Pos 3 untuk jemaah haji sektor 3 dan 4, berada di Pintu Utama No. 315;
4. Pos 4 untuk jemaah haji sektor 5, berada di Pintu Utama No. 305;
5. Pos 5 untuk jemaah haji sektor 5, berada di Pintu Utama No. 360-365; dan
6. Pos Khusus Raudhah untuk daerah persiapan jemaah masuk Raudhah, berada di Pintu Utama No. 360.

Surnadi menjelaskan, ada 56 petugas Sektor Khusus Nabawi yang siap siaga pada fase jemaah haji gelombang kedua di Madinah. Mereka terbagi dalam beberapa sub layanan, di antaranya Bimbingan Ibadah, Pelindungan Jemaah, Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (PKP3JH), dan pelayanan kepada jemaah lansia dan difabel.

"Rata-rata ada 15 layanan yang kami lakukan di pos setiap harinya, antara lain mengantar jemaah ke hotel, pertolongan medis, jemaah terpisah rombongan, menunjukkan arah Masjid Nabawi, mengedukasi jadwal masuk Raudhah, memberikan konsumsi ringan untuk jemaah, memberikan sendal, menunjukkan arah ke hotel jemaah, dan laporan kehilangan," tutur Surnadi. "Jadi jika terjadi permasalahan, jemaah dapat segera menuju ke titik atau pos yang sudah disiapkan,"kata Surnadi menambahkan.

Jemaah haji Indonesia gelombang kedua secara bertahap mulai diberangkatkan dari Makkah ke Madinah sejak Selasa, 26 Juni 2024. Sebanyak 17 kloter yang terdiri dari 6.940 jemaah telah tiba di hotel-hotel yang disiapkan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Selama di Kota Nabi, jemaah haji akan tinggal selama 8 hingga 9 hari untuk beribadah di Masjid Nabawi dan melakukan ziarah, terutama ziarah Raudah.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)
pixels