8.000 Pak Daging Dam Jemaah Indonesia Akan Dikirim ke Tanah Air

Sabtu, 06 Juli 2024 - 08:19 WIB
loading...
8.000 Pak Daging Dam...
8.000 Pak Daging Dam Jemaah Indonesia Akan Dikirim ke Tanah Air/MCH 2024
A A A
Direktur Bina Haji Arsad Hidayat mengungkapkan, pada tahun ini tercatat baru ada sekitar 6.500 petugas dan jemaah yang menyalurkan pembayaran dam pada Rumah Potong Hewan (RPH) yang direkomendasikan pemerintah. Selanjutnya sebanyak 4.500 ekor kambing disembelih dan disalurkan dagingnya di Tanah Suci, sementara 2.000 ekor lainnya, dagingnya akan disalurkan ke Tanah Air.

''Dari dua ribu kambing tersebut selanjutnya akan dipackaging dengan cara retorch. Satu ekor kambing dipacking menjadi 4 pak. Jadi total akan ada delapan ribu pak daging yang akan dikirimkan ke Indonesia. Masing-masing pack-nya berisi 2,5 kg daging,” terang Arsad Hidayat saat mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi perusahaan pengepakan daging di kawasan Makkah, Arab Saudi, Jumat (5/7/2024).



Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz menyatakan akan menindaklanjuti peluang pengiriman tenaga juru sembelih dari Indonesia. Berdasarkan keterangan pengelola Rumah Potong Hewan (RPH) Ukaisyiyah di Makkah, di musim haji mereka mempekerjakan 5.000 tenaga penyembelih.

Muhadjir menyebut, dari syahbandar (pengelola RPH) menginginkan ada penyembelih dari Indonesia. Dia menyebut ada 1.500 penyembelih untuk tahun depan. ''InsyaAllah apa yang disampaikan oleh bapak menko akan kami upayakan ditindaklanjuti," kata Dubes Abdul Aziz.

"Terutama karena ini perusahaan swasta, mungkin sebagai perwakilan pemerintah di Saudi Arabia kami juga akan mengundang para swasta dari Indonesia. Mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun depan,” tuturnya menambahkan.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)