Waspada, Penyakit Mematikan Ini Sering Menyerang Hati Perempuan

Selasa, 25 Agustus 2020 - 05:37 WIB
loading...
Waspada, Penyakit Mematikan Ini  Sering Menyerang Hati Perempuan
Sifat sombong adalah penyakit hati yang mematikan, sifat ini banyak sekali menyerang hati kaum Hawa padahal Allah Taala sangat membencinya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Di antara penyakit mematikan yang menyerang hati sebagian kaum perempuan adalah sombong , merasa lebih tinggi dari orang lain, berbangga diri dan merendahkan orang lain. Sombong merupakan dosa yang dibenci Allah Ta'ala.

Perempuan yang bersifat sombong ini dinamai ja'zariyah, atau perempuan yang kasar dan sombong. Perempuan jenis ini yang selalu berlaku kasar dan sombong pada orang lain seperti sering berteriak, tidak mau bergaul dan juga terlalu membanggakan diri .

Padahal hal tersebut merupakan hal yang harus dihindari para perempuan sebab menjadi sikap yang akan membuat Allah Ta'ala murka. (Baca juga : Hati-hati, Inilah Faktor-faktor yang Bisa Merusak Keistiqamahan )

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

”Tiadakah kamu aku beri tahu tentang sifat penghuni neraka?” Abu Hurairah menyahut, ” tentu, wahai Rasulullah” Rasul bertutur yaitu setiap Ja’zhari (yang sombong lagi keras), yang banyak makan lagi pelit dan sombong. Abu Hurairah berujar, ”kami bertanya pada beliau, apakah yang dimaksud ja’zhari ? Beliau menjawab,” yang membaggakan diri. Aku bertanya dan apakah yang dimaksud dengan jawwazh (yang banyak makan lagi pelit) itu ? Beliau menjawab , yaitu yang gemuknya berlebihan.

Abu Hurairah berkata jika, Rasulullahtelah bersabda, ”Sesungguhnya Allah membenci setiap orang ja’zhari (sifat sombong dalam Islam lagi kasar), jawwazh (yang banyak makan dan pelit) ,sakhhab (yang suka terika-teriak di pasar), yang tidur seperti Bangkai, dan yang (laksana) keledai pada siang hari ” (HR. Ibnu Hibban)

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an:

وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَن تَخْرِقَ ٱلْأَرْضَ وَلَن تَبْلُغَ ٱلْجِبَالَ طُولً

"Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung." (QS Al-Isra’ : 37)

Dari ayat ini jelas disebutkan bahwa manusia tidak diperkenankan untuk berjalan di atas bumi dengan sifat sombongnya. Artinya, Allah Ta'ala jelas melarang untuk manusia memiliki penyakit hati ini dan jika manusia tidak mengindahkannya, maka murka Allah lah yang akan diterima sebagai ganjarannya.

Di dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda yang artinya;

”Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi.” (HR. Muslim).

Jelas sudah, jika Allah tidak menyukai sifat sombong yang artinya sombong itu dilarang dan harus dihindari oleh manusia agar tidak mendapat murka Allah Ta'ala. (Baca juga : Di Posisi Manakah Kondisi Hati Kita? )

Jenis – Jenis Sifat Sombong

Yang menjadikan seseorang bersifat sombong bisa oleh berbagai macam, misalnya; harta, fisik, ilmu pengetahuan, keturunan, bahkan ibadah. Namun, ada tiga (3) jenis kesombongan yang perlu untuk diketahui agar kita terhindar daripadanya, yakni:

1. Sombong terhadap Allah

Sifat ini merupakan keadaan atau penyakit sombong yang paling parah karena seseorang yang sombong kepada Allah, artinya ia menolak dan tidak taat kepada Allah Ta'ala. Orang yang memiliki sifat tinggi hati kepada Allah SWT, berarti dalam hatinya tertanam bahwa ia tidak peduli, tidak takut, serta tidak segan untuk melanggar apapun perintah Allah SWT yang pastinya semua itu dilakukan tanpa ada perasaan bersalah atau tidak merasa berdosa sedikitpun.

Allah Ta'ala berfirman;

اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِىْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)