SAHI Apresiasi Kemenag Sukses Penyelenggaraan Haji 2024

Rabu, 07 Agustus 2024 - 14:39 WIB
loading...
SAHI Apresiasi Kemenag...
SAHI Apresiasi Kemenag Sukses Penyelenggaraan Haji 2024/Kemenag
A A A
Silaturahmi Haji dan Umrah Indonesia (SAHI) mengapresiasi penyelenggaraan Haji 2024 . Ketua Umum DPP SAHI Abdul Khaliq Ahmad mengatakan bahwa pihaknya rutin melakukan pengamatan pada setiap tahun penyelenggaraan ibadah haji.

Ini disampaikan Abdul Khaliq Ahmad saat bertemu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta. Turut hadir pada temu tersebut jajaran dari Kementerian Agama dan jajaran DPP SAHI. ''SAHI sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Kementerian Agama beserta jajaran, baik dalam persiapan dan pelaksanaan di tanah air juga pelaksanaan di tanah suci. Ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Abdul Khaliq Ahmad di Jakarta, Selasa (6/8/2024).



Menurutnya, peluang menyukseskan ekosistem haji harus semakin terbuka lebar. Ini akan berdampak pada semakin terbuka lebarnya ruang partisipasi publik dalam penyelenggaraan ibadah haji. ''Kami berharap prestasi ini bisa dipertahankan terutama ekosistem haji, sehingga SAHI bisa ikut serta menyukseskan ekosistem haji,” kata Abdul Khaliq.

Tahun ini, tercatat ada tiga pengembangan ekosistem potensi ekonomi haji. Pertama, ekspor bumbu nusantara. Pada tahun 2023, 16 ton bumbu nusantara diekspor untuk memenuhi kebutuhan katering jemaah haji Indonesia. Pada tahun 2024, ada 70 ton bumbu nusantara yang diekspor ke Saudi.

Kedua, pengiriman daging dam petugas dan jemaah dalam bentuk kemasan daging olahan. Pada penyelenggaraan haji tahun 2024, PPIH berhasil mengelola 6.755 kambing petugas dan jemaah haji. Ada 2000 daging kambing yang akan dikirim ke Indonesia, masing-masing kemasan 1/2 Kg. Diperkirakan akan menjadi sekitar 15 ribu pack.

Ketiga, pada penyelenggaraan haji tahun ini, Indonesia mulai menggunakan makanan siap saji dalam layanan katering Jemaah haji Indonesia. Makanan ini didatangkan dari Indonesia, total ada sekitar 1,7 juta box. Potensi kebutuhan untuk makanan siap saji bagi jemaah mencapai 5-6 juta box.

Disampaikan juga oleh Abdul Khaliq bahwa dalam waktu dekat, SAHI akan menggelar kongres. “Mohon doa dan dukungannya. Mudah-mudahan kegiatan kongres SAHI bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Baca Juga: Merekam Cerita Bahagia Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menanggapi apresiasi yang disampaikan Ketua SAHI Abdul Khaliq, “Saya berterima kasih atas apresiasi dari SAHI. Kita memang sudah mengefektifkan dan mengoptimalkan beberapa proses. Kami sudah membangun sistem sedemikian rupa sehingga minim keterlibatan manusia, semuaby technology,” ungkap sosok yang akrab disapa Gus Men.

Gus Men juga menjelaskan bahwa presiden telah berpesan bahwa dalam mengelola penyelenggaraan haji sebaiknya tidak hanyacash outnamun jugacash in. Dikatakan Gus Men, masih ada sangat banyak peluang bagi UMKM untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem potensi ekonomi haji, antara lain bisa melalui penyiapan dan penyediaan makanan siap saji yang kebutuhannya sangat besar, menu ikan, kain ikhram, dan lain-lain.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)