Asbabun Nuzul Surat Al Waqiah Ayat 27-30, Golongan Kanan Calon Penghuni Surga

Senin, 12 Agustus 2024 - 13:52 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat...
Asbabun nuzul Surat Al Waqiah ayat 27-30 menjadi ulasan menarik untuk diketahui, dan dinamai dengan Al Waqiah (Hari Kiamat) diambil dari perkataan Al Waaqiah yang terdapat pada ayat pertama surat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Asbabun nuzul Surat Al Waqiah ayat 27-30 menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Ketika mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau sejarah turunnya ayat tersebut.

Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dalam kitab suci Al-Quran. Terdiri atas 96 ayat, surat ini termasuk golongan surat-surat Makkiyah dan diturunkan sesudah surat Thaa Haa.

Dinamai dengan Al Waqiah (Hari Kiamat) diambil dari perkataan “Al Waaqi'ah” yang terdapat pada ayat pertama surat. Pada pembahasan kali ini, akan diulas sebab diturunkannya atau asbabun nuzul Surat Al Waqiah ayat 27-30 .

Sebagaimana diterangkan Imam As-Suyuthi dalam buku “Asbabun Nuzul Sebab-sebab Turunnya Ayat Alquran”, berikut ulasannya.

Surat Al Waqiah Ayat 27-30

وَاَصۡحٰبُ الۡيَمِيۡنِ مَاۤ اَصۡحٰبُ الۡيَمِيۡنِؕ


Latin: Wa as haabul yamiini maaa as haabul Yamiin
Arti: Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu.

فِىۡ سِدۡرٍ مَّخۡضُوۡدٍۙ


Latin: Fii sidrim makhduud
Arti: (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri,

وَّطَلۡحٍ مَّنۡضُوۡدٍۙ


Latin: Wa talhim manduud
Arti: dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),

وَّظِلٍّ مَّمۡدُوۡدٍۙ


Latin: Wa zillim mamduud
Arti: dan naungan yang terbentang luas,

Asbabun Nuzul Surat Al Waqiah Ayat 27-30

Al-Baihaqi meriwayatkan dari jalur lain Mujahid. Ia berkata: Dahulu orang-orang merasa takjub dengan 'Buj', yaitu jurang di Thaif sekaligus naungannya, pohon pisangnya dan pohon bidaranya.

Lalu, Allah Swt menurunkan ayat 27-30 dari Surat Al Waqiah "Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), serta naungan yang terbentang luas".

Pada tafsir ayat itu, secara terperinci diterangkan bahwa golongan kanan dimaksudkan sebagai manusia yang beriman dan menaati ketentuan Allah Swt. Mereka yang termasuk golongan kanan itu sangat bahagia karena mendapat balasan surga yang penuh kenikmatan.

Di antara mereka terdapat pohon bidara yang tidak berduri hingga pohon pisang yang bersusun-susun buahnya. Mereka bersuka cita di bawah naungan berbagai macam pohon yang rindang. Lalu ada juga yang tercurah air dari pohon-pohon lain dengan buahnya yang lezat serta berbuah sepanjang masa tanpa mengenal musim.

Demikianlah ulasan mengenai asbabun nuzul Surat Al Waqiah ayat 27-30. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)