Kenangan Khadija, Putri Fuad Shukr Komandan Senior Hizbullah: Tragedi yang Mengerikan

Senin, 19 Agustus 2024 - 14:46 WIB
loading...
Kenangan Khadija, Putri...
Khadija, putri sulung Fuad Shukr. Foto/Ilustrasi: Press TV
A A A
Dia adalah Khadija. Putri sulung Fuad Shukr komandan senior Hizbullah , organisasi perlawanan di Lebanon. Shukr, alias Sayed Mohsen, syahid dibunuh tentara Israel pada 30 Juli 2024.

Khadija mengenang apa yang terjadi pada hari yang menentukan itu dan bagaimana ia dan anggota keluarganya mengetahui tentang kesyahidan Shukr.

“Awalnya, kami mengira serangan itu adalah ledakan sonik, tetapi kemudian kami segera memahami bahwa itu adalah ledakan bom,” kenang Khadija, kepada Press TV, mengacu pada fenomena yang telah menjadi kejadian umum di Lebanon selatan dalam beberapa bulan terakhir.

“Tidak terpikir oleh kami bahwa ayah saya mungkin berada di lokasi ledakan. Dia selalu merahasiakan keberadaannya karena situasi pekerjaan, dan kami tidak pernah bertanya karena rasa hormat. Dia biasanya menelepon kami ketika terjadi serangan atau ledakan untuk memastikan bahwa kami baik-baik saja dan meyakinkan kami bahwa dia juga baik-baik saja.”



Serangan udara pada 30 Juli di sebuah apartemen hunian di distrik Haret Hreik, Dahiyeh, yang juga menewaskan dua anak, terjadi di tengah meningkatnya ketegangan regional atas genosida yang sedang berlangsung di Gaza.

Serangan keji itu menjadi berita utama di mana-mana dan memicu reaksi luas dari kelompok perlawanan regional.

Khadija bercerita, beberapa saat setelah ledakan, dia dan anggota keluarganya diberi tahu bahwa ayah mereka berada di lokasi ledakan.

Namun, personel pertahanan sipil tidak dapat melacaknya atau tubuhnya di antara yang terluka dan mati syahid selama beberapa jam, yang menyebabkan spekulasi tentang keberadaannya.

“Kami menunggu seperti orang lain saat orang-orang yang terluka diselamatkan dari bawah reruntuhan. Kami masih berharap dia masih hidup sampai kami mendapat informasi bahwa tim penyelamat mengatakan sudah waktunya untuk memeriksa mayat dan bagian tubuh lainnya serta melakukan tes DNA pada sampel darah atau bagian tubuh yang tercabik karena tidak ada lagi harapan untuk menemukan orang yang masih hidup,” kata Khadija.

“Butuh waktu lama sampai tim penyelamat menemukan jasad ayah saya yang terlempar jauh dari lokasi ledakan. Pengungkapan bertahap tentang pembunuhannya ini merupakan semacam persiapan bagi kami untuk dapat menerima dan mencerna berita tersebut.”



Kebiadaban Israel

Sebuah pernyataan dari Hizbullah menyebut Fuad Shukr sebagai "komandan jihadis hebat" yang menjadi sasaran musuh Zionis. Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah juga memberikan penghormatan yang tinggi kepada komandan yang telah gugur tersebut.

Dampak ledakan itu begitu dahsyat hingga mengguncang seluruh lingkungan dan merusak beberapa bangunan di sekitar kompleks perumahan yang menjadi sasaran utama.

"Bangunan itu hampir hancur dan bangunan-bangunan di sebelahnya serta mobil-mobil dan toko-toko di daerah itu juga rusak parah. Dua anak dan dua wanita tewas, dan puluhan lainnya terluka," kata Khadija mengenang tragedi mengerikan itu.

"Namun, ini bukan pemandangan baru dalam hal kebiadaban Israel. Saya sama sekali tidak terkejut melihat kebiadaban itu," imbuhnya cepat.

Dengan menunjukkan sikap berani meskipun mengalami tragedi besar, Khadija mengatakan mereka telah menyaksikan kebrutalan yang dilepaskan oleh pendudukan Israel selama bertahun-tahun dalam banyak perang, baik di Palestina maupun Lebanon. “Tidak hanya dalam Badai al-Aqsa,” katanya.



Khadija mengunjungi lokasi ledakan sehari setelah serangan untuk melihat apakah dia dapat menemukan jenazah ayahnya.

“Di antara barang-barang yang tersisa dari kantornya adalah karpet kecil dari makam Imam Reza, beberapa dokumen administrasi terkait pekerjaan, dan kursi yang didudukinya, yang hancur berkeping-keping dengan darah di atasnya,” katanya.

Kehilangan Besar

Shukr naik pangkat hingga meraih posisi yang didambakan dalam perlawanan Lebanon dan dianggap telah memimpin para pejuang perlawanan dalam berbagai perang melawan entitas Zionis.

"Sayed Hassan Nasrallah mengatakan pembunuhan ayah saya adalah kehilangan besar karena dia adalah orang yang sangat berharga," kata Khadija, mengacu pada pernyataan pemimpin Hizbullah tersebut.

"Ini adalah kehilangan besar, tetapi bukan kekalahan seperti yang dipikirkan musuh Israel dan para pendukungnya."



Ia merujuk pada pembunuhan para pemimpin dan komandan Hizbullah tingkat atas lainnya, dan menegaskan bahwa kesyahidan mereka hanya akan memperkuat perlawanan terhadap rezim apartheid.

Apakah pembunuhan para mantan pemimpin Hizbullah seperti Sayed Abbas Mousawi, Sheikh Ragheb Harb, Haj Imad Moghnieh, atau para pemimpin lain dalam Poros Perlawanan seperti Letnan Jenderal Haj Qassem Soleimani dianggap sebagai kekalahan?

Pembunuhan-pembunuhan ini, tegas Khadija, hanya akan membuat Poros Perlawanan semakin kuat.

“Pembunuhan-pembunuhan itu membuat poros perlawanan, para pemimpinnya, dan para pendukungnya lebih bertekad dari sebelumnya untuk membela negara, rakyat, dan perjuangan Palestina karena itu adalah tujuan yang benar.”

Khadija mengatakan rezim Israel "arogan dan bodoh", yang membuatnya meremehkan atau salah menilai hasil tindakannya.

"Ada dua hal yang harus dipahami orang Israel. Ketika Israel membunuh seorang pemimpin atau anggota Hizbullah atau poros perlawanan, itu berarti membantu orang yang menjadi sasaran," katanya.



"Orang-orang ini percaya pada kesyahidan dan menantikan puncaknya (dalam hidup mereka)."

Dia mengatakan perlawanan akan semakin kuat setelah ayahnya mati syahid.

"Orang Israel harus tahu bahwa semakin banyak darah yang mereka tumpahkan, semakin kuat tekad kami untuk melawan rezim. Kami adalah orang-orang yang sama yang mengatakan; Bunuh kami, karena rakyat kami akan menjadi lebih sadar."

"Tidak ada konsep kekalahan dalam keyakinan kami; itu adalah kemenangan atau kesyahidan; cara yang diinginkan banyak orang untuk mengorbankan diri dan memenangkan akhirat."

Khadija mengatakan pembunuhan ayahnya tidak akan mengganggu apa pun dan misi perlawanan akan dilanjutkan oleh rekan-rekan dan murid-muridnya yang telah dilatih dan dibimbingnya selama bertahun-tahun.

"Orang Israel harus tahu sesuatu dengan sangat baik: Sayed Mohsen melatih dan mengajar ratusan, bahkan ribuan, pejuang muda Hizbullah selama bertahun-tahun dan meninggalkan warisan yang khas."



Selama upacara peringatan untuk komandan yang syahid, Nasrallah menggambarkan Sayed Mohsen sebagai "pembuat manusia," menjelaskan bahwa syahid itu berpengaruh di lingkungannya dan banyak dari para syahid Hizbullah selama bertahun-tahun adalah di antara murid-muridnya.

"Pembunuhan yang ditargetkan Israel tidak pernah berhasil membubarkan gerakan perlawanan atau mengancam anggota dan pendukungnya," tambah Khadija.

Pilar Cinta

Khadija menuturkan Sayed Mohsen adalah sosok yang karismatik dan kuat dalam hal melatih personel atau bahkan dalam hal membesarkan anak-anaknya sendiri.

“Karakter tegas ini akan berubah dalam hitungan detik. Ia akan berubah menjadi pribadi yang penuh kasih sayang dan periang. Bagi yang muda maupun yang tua, bagi kami dan cucu-cucunya, ia adalah sosok yang murah hati dan penuh kasih yang mampu berempati kepada semua orang,” katanya.

Khadija mengatakan ayahnya sangat ingin mengajari mereka cara untuk tetap terhubung sebagai anggota keluarga dan saling membantu di saat dibutuhkan.

Ia juga menegaskan kembali bahwa Sayed Mohsen adalah ayah yang baik hati yang selalu menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya dan semua orang di sekitarnya.



“Ia selalu memastikan kami mempelajari agama kami dan mengurus studi kami,” katanya. “Saya dapat mengatakan bahwa ia adalah pilar emosi dan cinta dalam hidup kami.”

Khadija mengatakan ayahnya memiliki karakter yang luar biasa, dan meskipun mereka tidak dapat menjalani kehidupan yang normal, ia akan selalu menebus setiap kesempatan yang terlewatkan.

Meski menghadapi berbagai kesulitan, Khadija mengatakan mereka menjalani hidup bahagia bersamanya, menikmati dan berbagi momen bersama dengan sosok lelaki yang merupakan ayah mereka, panutan, dan pemimpin hebat.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2751 seconds (0.1#10.140)