5 Bukti Iran Siap Menandingi Israel dalam Perang, Kedua Negara Sengit

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:20 WIB
loading...
5 Bukti Iran Siap Menandingi...
Rudal-rudal Shahab-3 saat diuji tembak dalam latihan militer Iran, rudal Iran ini paling ditakuti lawan-lawannya. Foto/Federation of American Scientists
A A A
Saat ini, kawasan Timur Tengah dibanjiri dengan konflik panas Israel dengan negara-negara lainnya. Terutama konflik antara Israel dengan Iran sejak pembunuhan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Hasil dari aksi Israel tersebut mengakibatkan memanasnya konflik di antara kedua negara mendekati perang. Dengan tegangnya kedua negara mendekati perang di antaranya, apakah Iran dapat menandingi Israel dan sebaliknya?

5 Bukti Iran Menandingi Israel

1. Kapabilitas Roket

Pada tanggal 1 Oktober 2024, Iran meluncurkan 180 rudal balistik untuk meretaliasi serangan Israel terhadap Hizbullah di Lebanon. Saat itu dinyatakan oleh Islamic Revolution Group Corp (IRGC) bahwa 90 persen dari rudal yang diluncurkan berhasil mengenai targetnya.

Dalam hal ini, berapa kapasitas rudal yang dimiliki Iran dibandingkan dengan Israel serta kekuatan dari kedua rudal negara tersebut.

Iran sendiri memiliki 12 tipe rudal balistik jarak pendek dan menengah dalam persenjataannya. Salah satu contoh dari rudal milik Iran yaitu Tondar 69 dimana rudal tersebut memiliki jarak sekitar 150 km serta Khorramshahr dan Sejjil dimana kedua rudal tersebut berjarak 2000 km.

Sebaliknya, Israel memiliki 4 tipe rudal balistik berjarak pendek dan menengah seperti contohnya LORA berjarak 240 km hingga Jericho-3 dengan jarak 4800 km.

2. Personel Militer

Personel Militer dapat menjadi salah satu penentu kuat atau tidaknya militer milik suatu negara. Militer negara seharusnya memiliki kekuatan fisik mental yang kuat serta banyaknya personel.

Dalam hal ini, kedua negara seharusnya memiliki personel militer dengan fisik dan mental yang kuat. akan tetapi, siapa negara yang memiliki personel terbanyak?

Iran memiliki sekitar 610.000 yang aktif termasuk 350.000 di dalam militer, 190.000 di IRGC, 18.0000 di angkatan laut, dan 15.000 di angkatan udara. Selain itu, Iran memiliki sekitar 380.000 personel militer cadangan.

Dibandingkan dengan Israel yang memiliki sekitar 169.500 personel aktif termasuk 126.000 di militer, 9.500 di angkatan laut, dan 34.000 di angkatan udara. Israel juga memiliki 350.000 personel militer cadangan.

3. Pertahanan Udara

Sudah diketahui Israel sendiri memiliki pertahanan udara yang bagus. Pertahanan udara yang disebut “Iron Dome” oleh Israel dapat mencegat rudal milik Iran di tanggal 1 Oktober 2024 lalu. Selain memiliki radar, Iron Dome sendiri memiliki perangkat yang melacak kecepatan benda di udara yang menjadikan ancaman bagi kota di Israel.

Terdapat sekitar 10 baterai Iron Dome tersebar di Israel dimana terdapat sistem yang dapat mencegat rudal jarak kecil (40km) hingga jarak jauh (2.400 km)

Akan tetapi Iran sendiri telah membuat pertahanan pertahanan udara jarak pendek di bulan februari tahun 2024. Pertahanan udara tersebut disebut Azarakhsh atau petir dalam bahasa Persia. Pertahanan tersebut memiliki infrared, radar, dan optik-elektro dan bisa diangkut di truk militer.

Selain dari Azarakhsh, Iran juga memiliki sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara yang beragam antara lain 42 sistem jarak jauh, 59 sistem jarak menengah, dan 279 jarak dekat.

4. Aliansi dan Proksi

Aliansi diantara negara dan proksi juga menjadi penting dalam suatu peperangan. Dalam hal ini, walaupun Israel memiliki bantuan kuat seperti Amerika. Iran juga memiliki aliansi dan proksi yang tak kalah bagus.

Salah satu di antara grup yang membantu Iran seperti Hizbullah dan Hamas. Kedua kelompok tersebut telah membuat tekanan terhadap Israel seperti menyerang pangkalan militer IDF di perbatasan Israel atau penculikan personel Israel untuk bertukar tahanan Hizbullah atau Hamas untuk tahanan Israel.

Salah satu hal ini yang membuat Iran memiliki kelebihan dalam melawan Israel di Timur Tengah.

5. Wilayah Strategis

Dalam permasalahan wilayah, Iran memiliki keuntungan dibandingkan Israel. Wilayah Iran menjangkau luas sehingga dapat menyerang dan bermanuver dari beberapa sisi terhadap Israel.

Akan tetapi, kelebihan tersebut dapat menjadi kekurangan. dengan besar wilayah yang dimiliki oleh Iran. Banyak posisi yang harus dilindungi oleh militer Iran sendiri dibandingkan oleh Israel. Tetapi jika Iran sendiri dapat menggunakan proksinya secara benar, maka Iran dapat memiliki kesempatan dalam menandingi perang melawan Israel sendiri.MG / Raffirabbani Panatamahdi Adizaputra

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Esmail Qaani, Komandan Pasukan Quds yang Hilang
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)