5 Daftar Tempat Suci yang Dihancurkan oleh Israel, Salah Satunya Tempat Makam Putra Nabi Yakub

Senin, 21 Oktober 2024 - 16:25 WIB
loading...
5 Daftar Tempat Suci...
Gereja Bizantium Jabalia adalah gereja yang terletak di kota Jabalia, yang kini hancur karena dibom Israel, gereja tersebut dibangun sejak 444 Masehi pada masa kerajaan Emperor Bizantium (Theodosius II). Foto istimewa
A A A
Israel selain sering menyerang pengungsi yang berada di kawasan Gaza . Mereka juga sering menyerang tempat suci dimana umat muslim serta kristen di Gaza sering beribadah.

Timur Tengah sendiri adalah wilayah yang memiliki tempat suci dengan signifikansinya terhadap umat beragama seperti suci mereka seperti masjid, gereja, hingga makam nabi.

Aksi serangan Israel terhadap tempat suci tersebut menunjukan betapa ketidak pedulian mereka terhadap tempat suci umat islam dan kristen serta intoleran mereka terhadapnya. Inilah beberapa tempat suci yang telah dihancurkan oleh Israel.

5 Daftar Tempat Suci yang Dihancurkan Israel

1. Masjid Khalil Ar-Rahman

Masjid Khalil Ar-Rahman adalah masjid yang terletak di kota Khan Younis adalah salah satu masjid digunakan sebagai tempat beribadah sehari hari.

Masjid tersebut hancur dikarenakan serangan udara oleh Israel. Menurut Chris Partridge, analis senjata dari BBC, menjelaskan bom yang digunakan oleh Israel dalam pengeboman tersebut adalah bom berpemandu presisi.

Penjelasan bom tersebut membuktikan bahwa masjid Khalil Ar-Rahman menjadi salah satu masjid yang ditargetkan oleh Israel.

Alasan yang diberikan Israel terhadap pengeboman tersebut seperti biasa dikarenakan militan Hamas menggunakan tempat suci tersebut sebagai perlindungan, walaupun hal ini belum dibuktikan.

Kehancuran dari masjid tersebut memaksa para warga yang masih tinggal di sana pada saat gencatan senjata pada bulan November 2023 lalu untuk membuat tenda buatan di atas reruntuhan masjid untuk menjalankan ibadah mereka.

2. Desa Mhaibib, Makam Benyamin Anak Nabi Yakub

Pada tanggal 16 oktober 2024, desa Mhaibib diserang oleh Israel akibat dari rencana Israel untuk mengurangi jumlah penduduk di Lebanon Selatan dengan persetujuan Amerika Serikat.

Desa Mhaibib adalah sebuah desa kecil yang terletak di distrik Marjayoun, Nabatieh. Desa tersebut berjarak 115 Kilometer dari Beirut.

Hal penting yang harus diketahui bahwa desa tersebut adalah tempat makam dari anak Nabi Yakub yaitu Nabi Benyamin. Dapat diketahui bahwa makam tersebut memiliki hal signifikan dan historis bagi islam.

penyerangan yang dilakukan Israel tersebut dilakukan dengan cara meledakan desa historis tersebut menggunakan bom yang menghasilkan kehancuran tempat suci tersebut.

kepala desa, Qaseem Ahmed Jaber, mengekspresikan ketidak pastian beliau terhadap kehancuran desa terutama makam Benyamin dikarenakan penyerangan Israel yang masih berlangsung dan pengevakuasiaan penghuni dari desa Mhaibib.

3. Masjid Agung Omari

Masjid agung Omari juga menjadi salah satu korban tempat suci dari serangan Israel. Masjid tersebut adalah salah satu masjid penting dan bersejarah di palestina.

Masjid agung Omari adalah masjid agung terletak di kawasan Daraj Kota Tua di Pusat Gaza. Masjid tersebut dipercaya sebagai salah satu lokasi bersejarah dimana lokasi tersebut dulu adalah situs kuil Filistin kuno.

Masjid tersebut didirikan ulang oleh Mamluks pada awal abad ke-13 sebagai masjid agung pada saat itu masih berbentuk gereja oleh pejuang perang salib yang dihancurkan oleh Ayyubids.

Pada tanggal 8 Oktober 2024, Israel meluncurkan serangan yang mengakibatkan kehancuran dari infrastruktur tempat suci tersebut.

4. Gereja Saint Porphyrius

Selain dari masjid, Israel juga menyerang gereja yang terletak di Gaza dan wilayah konflik lainya. Salah satu dari gereja yang terkena serangan Israel yaitu Gereja Saint Porphyrius.

Dipercaya sebagai salah satu gereja tertua di dunia, gereja Saint Porphyrius adalah gereja ortodoks yunani yang terletak di kota Gaza, Palestina.

Gereja tersebut dibangung sejak 1150 oleh para pejuang perang salib sebagai dedikasi mereka terhadap St Porphyrius. Ada saat dimana gereja tersebut di konversi menjadi masjid sebelum dikonversi ulang sebagai gereja di abad ke 7.

Pada saat konflik antara Gaza dengan Israel, gereja tersebut digunakan sebagai tempat pengungsi. Tetapi pada tanggal 19 Oktober 2023 gereja tersebut terkena serangan rudal Israel pada bagian luar gedung gereja menghasilkan 18 korban jiwa.

Pada saat itu, Israel tidak bermaksud untuk menyerang gerejanya melainkan ingin menyerang terowongan rahasia milik Hamas.

Pada kenyataanya, pernyataan mereka tentang menargetkan kepada terowongan Hamas bertolak belakang dengan tidak menghormati kesucian gereja dan mengagungkan kehancuran.

Adapun foto di X yang menunjukan salah satu pasukan Israel berpose di depan menara gereja yang runtuh dengan coretan “kuil akan dibangun kembali". Coretan tersebut mereferensikan Kuil Yahudi ketiga akan dibangun di lokasi suci yang diperebutkan di Yerusalem.

5. Gereja Bizantium Jabalia

Selain dari gereja Saint Porphyrius, adapun gereja Bizantium Jabalia yang menjadi korban tempat suci yang di serang oleh Israel.

Gereja Bizantium Jabalia adalah gereja yang terletak di kota Jabalia. Gereja tersebut dibangun sejak 444 Masehi pada masa kerajaan Emperor Bizantium (Theodosius II).

Gereja yang diberikan dana oleh dewan inggris untuk melestarikan gereja Bizantium tersebut berdekatan dengan tempat pengungsian Jabalia.

Sumber dari wilayah tersebut menjelaskan bahwa terdapat laporan terhadap kerusakan besar yang dialami oleh gereja akibat serangan Israel.

Akan tetapi, mereka tidak dapat mengidentifikasi kerusakannya secara spesifik dikarenakan menurut laporan dari Heritage for Peace, Lokasi tersebut hampir hancur total.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)