Surah Paling Agung dalam Al-Qur'an dan Sering Dibaca untuk Ruqyah

Senin, 21 September 2020 - 22:05 WIB
loading...
Surah Paling Agung dalam Al-Quran dan Sering Dibaca untuk Ruqyah
Dai yang Founder Cinta Rasul Community, Habib Ali Zaenal Abidin Al-Kaff. Foto/Ist
A A A
Memahami Al-Qur'an tanpa guru itu berbahaya karena Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab. Orang yang bisa memahami Al-Qur'an harus paham bahasa Arab. Seperti diketahui Bahasa Arab ada 13 cabang ilmu, yang paling mendasar adalah ilmu Nahwu dan Sharaf.

Di dalam Al-Qur'an Al-Karim terdapat satu surah yang paling agung. Tidak ada Nabi mana yang mendapatkan keutamaan surah ini kecuali Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Saking mulianya, Allah Ta'ala menjadikan surah tersebut sebagai pembuka kitab suci Al-Qur'an . (Baca Juga: Keutamaan dan Keistimewaan Surah Al-Fatihah)

Keutamaan Surah Al-Fatihah
Dai yang Founder Cinta Rasul Community, Habib Ali Zaenal Abidin Al-Kaff menjelaskan keutamaan Surah Al-Fatihah dalam kajiannya di Majelis Daar Fatiha, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan, belum lama ini. Dalam satu hadis Rasulullah صلى الله عليه وسلم, dari Abu Sa'id Rafi' bin Al Mu'alla radhiyallahu 'anhu berkata, " Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata padaku:

أَلاَ أُعَلِّمُكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِى الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ تَخْرُجَ مِنَ الْمَسْجِدِ » . فَأَخَذَ بِيَدِى فَلَمَّا أَرَدْنَا أَنْ نَخْرُجَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ قُلْتَ لأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ مِنَ الْقُرْآنِ . قَالَ ( الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ) هِىَ السَّبْعُ الْمَثَانِى وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِى أُوتِيتُهُ »

"Maukah aku ajarkan engkau surat yang paling mulia dalam Al-Qur'an sebelum engkau keluar masjid?" Lalu beliau memegang tanganku, maka ketika kami hendak keluar, aku berkata: "Wahai Rasulullah , sesungguhnya engkau mengatakan, 'Aku akan mengajarkanmu surat yang paling agung dalam Al-Qur'an?" Beliau menjawab, "Alhamdulillaahi Rabbil 'Aalamiin ( Surah Al-Fatihah ), itulah As-Sab'ul Matsaani (tujuh ayat yang sering diulang-ulang dalam salat) dan bacaan yang agung (Al-Quran Al-Azhim) yang telah diberikan kepadaku." (HR Al-Bukhari No. 5006)

Surat Al-Fatihah memiliki banyak nama atau sebutan di antaranya Ummul Qur'an, As-Sab'ul Matsani (tujuh yang diulang-ulang), Fatihatul Kitab (pembuka kitab) dan lainnya. Semua penamaan tersebut ada dalilnya. Surat Al-Fatihah merupakan surat paling agung terdiri dari 7 ayat yang diulang secara terus menerus. Surat Al-Fatihah ini adalah Surat Makkiyyah, yaitu surat yang diturunkan di Mekkah sebelum Rasulullah صلى الله عليه وسلم hijrah ke Madinah.

( )

Surah untuk Ruqyah
Karena keutamannya yang sangat agung, Surat Al-Fatihah sangat ampuh untuk Ruqyah. Bagi yang bisa meruqyah diri sendiri silakan baca Surat Al-Fatihah . Berikut sabda Nabi صلى الله عليه وسلم:

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانُوا فى سَفَرٍ فَمَرُّوا بِحَىٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَاسْتَضَافُوهُمْ فَلَمْ يُضِيفُوهُمْ. فَقَالُوا لَهُمْ هَلْ فِيكُمْ رَاقٍ فَإِنَّ سَيِّدَ الْحَىِّ لَدِيغٌ أَوْ مُصَابٌ. فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ نَعَمْ فَأَتَاهُ فَرَقَاهُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَبَرَأَ الرَّجُلُ فَأُعْطِىَ قَطِيعًا مِنْ غَنَمٍ فَأَبَى أَنْ يَقْبَلَهَا. وَقَالَ حَتَّى أَذْكُرَ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-. فَأَتَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ. فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَاللَّهِ مَا رَقَيْتُ إِلاَّ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ. فَتَبَسَّمَ وَقَالَ « وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ ». ثُمَّ قَالَ « خُذُوا مِنْهُمْ وَاضْرِبُوا لِى بِسَهْمٍ مَعَكُمْ »

Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu, bahwa ada sekelompok sahabat Rasulullah صلى الله عليه وسلم berada dalam Safar (perjalanan jauh), lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung tersebut enggan untuk menjamu.

Penduduk kampung itu lantas berkata pada para sahabat yang mampir: 'Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah (melakukan pengobatan dengan membaca ayat-ayat Al-Qur'an ) karena pembesar kampung itu tersengat binatang atau terserang demam."

Di antara para sahabat lantas berkata, "Iya Ada." Lalu ia pun mendatangi pembesar tersebut dan meruqyahnya dengan membaca Surat Al-Fatihah . Alhasil, pembesar itu sembuh. Lalu yang membacakan Ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya dan disebutkan, ia mau menerima sampai kisah tadi diceritakan pada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Lalu ia mendatangi Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan menceritakan kisahnya tadi pada beliau. "Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca Surah Al-Fatihah ." Rasulullah صلى الله عليه وسلم lantas tersenyum dan berkata: "Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah? Beliau pun bersabda, 'ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Demikian keutamaan Al-Fatihah , surah yang paling agung dalam Al-Qur'an sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Sebenarnya masih banyak keutamaan Surah Al-Fatihah di antaranya mendapat jaminan dari Allah, bacaan untuk orang yang sudah wafat, menjadi syarat sahnya salat dan lainnya.

Kata Habib Ali Zaenal Abidin Al-Kaff, ilmu yang sedikit asal manfaat lebih baik daripada banyak tapi tidak bermanfaat. Semoga kita termasuk golongan orang yang mengambil dan mengamalkan ilmu. (Baca Juga: Koreksi Bacaan Al-Fatihah Bersama Syeikh Ahmad At-Tamadi)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)