Benarkan Jumlah Perempuan di Surga Paling Banyak?

Minggu, 11 Oktober 2020 - 06:59 WIB
loading...
Benarkan Jumlah Perempuan di Surga Paling Banyak?
Ternyata perempuan di dalam surga lebih banyak, baik itu perempuan-perempuan dunia ataupun perempuan-perempuan bidadari. Foto ilustrasi/ist
A A A
Soal jumlah perempuan yang mendominasi neraka, sering sekali dibicarakan. Lantas bagaimana dengan jumlah penghuni surga ? Akankah perempuan juga mendominasi sebagai penghuni surga atau sebaliknya dari jumlah laki-laki?

Tentang jumlah penghuni surga ini, Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc, memaparkannya dalam kajian rutin untuk muslimah di jaringan chanel muslim Rodja Jakarta, pekan kemarin. Berikut pemaparan ceramahnya:

(Baca juga : Ilmuwan Buat Baju Iron Man untuk Mempercepat Misi Penyelamatan )

Para tabi’in pernah bertanya kepada Abu Hurairah radhiyallahu ‘Anhu, apakah para perempuan di surga lebih banyak dibandingkan laki-laki, berdasarkan hadis Rasul Shallallahu alaihi wa sallam riwayat Imam Muslim:

لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ اثْنَتَانِ

“Bahwa setiap laki-laki yang masuk ke dalam surga, maka mereka mempunyai dua istri.” (HR. Muslim)

(Baca juga : Belajar Arti Cinta dan Persahabatan dari Salman Al Farisi )

Hadis ini sangat jelas menunjukkan bahwasanya para perempuan di surga jumlahnya lebih banyak dibandingkan para lelaki.
Kemudian ada yang mengatakan bahwasanya para lelaki lebih banyak dibandingkan para perempuan berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim:

رَأَيْتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ

“Bahwasanya mereka adalah penghuni neraka yang paling banyak.” (HR. Muslim)

(Baca juga : Inilah Pintu - pintu Surga untuk Perempuan )

Jadi di sini ada yang berpendapat bahwa para perempuan paling banyak di dalam surga. Dan pendapat yang kedua bahwa para perempuan paling banyak di dalam neraka. Maka bagaimana menggabungkan dua ini? Yaitu sebagaimana yang dijelaskan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah bahwa tidak harus jika perempuan adalah penghuni neraka paling banyak maka menjadi penghuni surga paling sedikit. Karena perempuan lebih banyak penciptaannya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dibandingkan para lelaki.

(Baca juga : Erick Pamer Bos BUMN Milenial, Mahasiswa Disebut Punya Hak Istimewa )

Kemudian bisa juga dijawab bahwa hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anha yang menunjukkan bahwa perempuan di dalam surga lebih banyak, baik itu perempuan-perempuan dunia ataupun perempuan-perempuan bidadari .

Yang jadi pertanyaan adalah mana yang lebih banyak di dalam surga, laki-laki dari penghuni dunia yang masuk ke dalam surga atau perempuan dari penghuni dunia yang masuk ke dalam surga? Maka Imam Al-Qurthubi rahimahullahu Ta’ala telah menggabungkan dua dalil ini.

(Baca juga : Gerah SBY Dituding Sponsori Aksi, Demokrat: Lama-lama Beneran Ikut Demo )

Beliau mengatakan bahwasanya perempuan lebih banyak masuk ke dalam neraka sebelum terjadinya syafa’at dan sebelum keluarnya ahli-ahli tauhid dari api neraka. Jika kemudian mereka keluar berdasarkan syafaat dan juga berdasarkan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka akhirnya perempuan tersebut menjadi penghuni surga yang terbanyak.

Wallahu A’lam.
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)