5 Amalan Agar Mempermudah Dapat Jodoh

Rabu, 30 Desember 2020 - 18:34 WIB
loading...
5 Amalan Agar Mempermudah Dapat Jodoh
Ada empat perkara yang Allah tetapkan bagi seorang hambaNya yaitu: Ajalnya, amalan baik-buruk akhir kehidupannya, rezekinya dan jodohnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Mendapat jodoh yang cepat , tentu dambaan setiap umat muslim yang sudah siap menikah . Dalam Islam ada beberapa kriteria ketika akan memilih jodoh yang kita idamkan tersebut. Kriteria utama tentu saja harus taat kepada Allah Ta'ala dan Rasul-nya. Maka dalam memilih calon pasangan hidup , minimal harus terdapat satu syarat ini.

Karena Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

“Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertakwa.” (QS. Al Hujurat: 13)

(Baca juga : Istri Abdullah bin Mas'ud dan Sedekahnya )

Sedangkan takwa adalah menjaga diri dari azab Allah Ta'ala dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Maka hendaknya seorang muslim berjuang untuk mendapatkan calon pasangan yang paling mulia di sisi Allah, yaitu seorang yang taat kepada aturan agama .

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pun menganjurkan memilih istri yang baik agamanya,

تنكح المرأة لأربع: لمالها ولحسبها وجمالها ولدينها، فاظفر بذات الدين تربت يداك

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

(Baca juga: Doa Ketika Sedang Sakit dan Mendoakan Orang yang Sakit )

Pun demikian untuk seorang perempuan agar memilih laki-laki yang akhlaknya baik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إلا تفعلوه تكن فتنة في الأرض وفساد كبير

“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi. Al Albani)

Agar segera mendapatkan jodoh idaman ini, adakah amalan yang harus dilakukan agar dimudahkan urusan jodoh tersebut? Ummi Fairuz Ar-Rahbani, ustadzah yang juga istri Buya Yahya dari Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon, menguraikannya sebeagi berikut;

(Baca juga: Inilah 6 Adab Ketika Menderita Sakit Agar Tetap Sebagai Nikmat Allah )

Hakikatnya jodoh itu sudah menjadi ketentuan Allah Subhanahu wa ta'ala. Ada empat perkara yang Allah tetapkan bagi seorang hambaNya yaitu: Ajalnya, amalan baik-buruk akhir kehidupannya, rezekinya dan jodohnya.

Keempat perkara tersebut sudah termasuk ketentuan dari Allah SWT. Artinya dalam urusan jodoh, perbanyaklah berpasrah kepada Allah. Karena terkadang jika memang sudah jodohnya, tidak dikejar pun akan datang dengan sendirinya dan jika memang belum waktunya, biar pun keliling dunia maka tidak akan bertemu dengan sendirinya.

(Baca juga: Tokoh Muhammadiyah: Jangan Hanya Tegas dan Keras terhadap FPI )

Lalu, amalan-amalan untuk mendapatkan jodoh pun di antaranya:
1. Perbanyak Shalawat
2. Perbanyak Istighfar
3. Perbaiki Akhlak dengan harapan agar Allah memilihkan pasangan yang baik
4. Perbanyak berkumpul di tempat-tempat sholeh
5. Meminta petunjuk dengan orang-orang sholeh dan mulia.

(Baca juga: Penutupan Perdagangan 2020, Dirut BEI: Respon Pasar Membaik )
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2742 seconds (0.1#10.140)