20 Nasihat Indah Syekh Ali Jaber

loading...
20 Nasihat Indah Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber dikenal sebagai Dai dengan tausiyah-tausiyahnya yang menyejukkan hati. Foto/Ist
Ulama kelahiran Madinah yang juga Hafizh Qur'an Syekh Ali Jaber telah pergi meninggalkan kita Kamis kemarin (14/1/2021). Umat Islam di Indonesia tentu sangat berduka karena tercabutnya ilmu dari ulama pewaris Nabi itu.

Syekh Ali Jaber memang dikenal sebagai Dai yang teduh dengan tausiyah-tausiyahnya yang menyejukkan hati. Beliau juga menguasai ilmu Al-Qur'an dan hikmah. Semasa hidupnya, Syekh Ali Jaber dikenal sebagai pribadi yang murah senyum. Ketika wafatnya, beliau pun mengembuskan nafas terakhir dalam keadaan tersenyum.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Meninggal dengan Tersenyum

Beliau dimakamkan di Kompleks Ponpes Tahfizh Darul Qur'an Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Berikut 20 nasihat indah beliau ketika menyiarkan dakwah Islamiyah di Indonesia. Nasihat ini dikutip dari akun Instagram @syekh.alijaber dan beberapa sumber.



1. Bahagia itu ibarat kupu-kupu. Jika kamu mengejarnya, ia lari darimu, tapi jika kamu duduk dengan tenang, ia akan turun ke tanganmu. Maka bersabarlah karena sabar itu indah.

2. Hidup tidak akan berhenti. Allah senantiasa mengiringnya dengan kelembutan dan rencana-Nya dengan harapan baru dan tekad yang tidak pernah hilang.

3. Saat kamu sakit gigi, ingatlah Rasulullah yang giginya patah karena perang. Saat kamu difitnah, ingatlah Rasulullah difitnah penyihir dan gila.

4. Jangan memberitahu sesiapa pun tentang maksiatmu karena dua sebab. Pertama, karena maksiat bukan untuk dibanggakan. Kedua, karena manusia takkan melupakan keburukanmu walaupun kamu telah bertaubat.

5. Bila yang ditimpa musibah itu orang yang kita cinta, maka kita akan katakan itu penghapus dosa. Bila yang ditimpa musibah itu orang yang kita benci maka kita akan mengatakan itu hukuman dari Allah. Berhati-hatilah jangan menghukumi takdir Allah dengan hawa nafsu kita.
halaman ke-1
cover top ayah
اَلَمۡ تَرَ اِلَى الَّذِيۡنَ تَوَلَّوۡا قَوۡمًا غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمؕۡ مَّا هُمۡ مِّنۡكُمۡ وَلَا مِنۡهُمۡۙ وَيَحۡلِفُوۡنَ عَلَى الۡكَذِبِ وَهُمۡ يَعۡلَمُوۡنَ
Tidakkah engkau perhatikan orang-orang (munafik) yang menjadikan suatu kaum yang telah dimurkai Allah sebagai sahabat? Orang-orang itu bukan dari kaummu dan bukan dari kaum mereka. Dan mereka bersumpah atas kebohongan, sedang mereka mengetahuinya.

(QS. Al-Mujadilah:14)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video