Inilah Ulama-ulama Kharismatik yang Menginspirasi di Indonesia

loading...
Inilah Ulama-ulama Kharismatik yang Menginspirasi di Indonesia
Peran ulama di Indonesia hampir tidak dapat dipisahkan dari perkembangan bangsa Indonesia. Mereka ikut memberikan sumbangsih tak kecil terhadap perkembangan sosial, politik, kebudayaan dan agama di Indonesia. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarma
BUKAN hanya dari kalangan akademisi atau politisi yang mempunyai pengaruh besar terhadap kemajuan di Indonesia. Akan tetapi pengaruh dari ulama pun sangat besar terhadap perkembangan sosial, politik, kebudayaan dan agama di Indonesia.

Peran ulama di Indonesia hampir tidak dapat dipisahkan dari perkembangan bangsa Indonesia. Berikut deretan para ulama yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap perkembangan di Indonesia. (Baca juga: Kisah Imam Malik dan Imam Syafi'i Tertawa Menyikapi Rezeki)

1. KH Syaikhona R Muhammad Kholil

Inilah Ulama-ulama Kharismatik yang Menginspirasi di Indonesia




Kyai kharismatik dan guru dari para kyai di Indonesia. Ulama yang sering dipanggil Mbah Kholil ini berasal dari Bangkalan Madura. Mbah Kholil merupakan tokoh yang mendidik para kyai besar seperti pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan, KH Mas Mansyur, KH Wahab Hasbullah dan KH Bisri Musthofa. (Baca juga: Kisah Karomah Kiai Kholil Bangkalan)

2. KH Hasyim Asy'ari

Inilah Ulama-ulama Kharismatik yang Menginspirasi di Indonesia




Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) ini merupakan ulama yang pernah berjuang melawan penjajah saat pendudukan Belanda dan Jepang di Indonesia serta pemimpin pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. Mbah Hasyim pernah menimba ilmu di Mekkah kepada Syaikh Ahmad Khatib Al-Minagkabaui. (Baca juga: Melihat Warisan Kitab-Kitab Karya KH Hasyim Asy’ari)
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
فَاصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعۡ مِنۡهُمۡ اٰثِمًا اَوۡ كَفُوۡرًا‌ۚ‏
Maka bersabarlah untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka.

(QS. Al-Insan:24)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video