Ustaz Budi Ashari: Jika Sedang Sulit Ingatlah Ayat Ini

Rabu, 03 Februari 2021 - 21:29 WIB
loading...
Ustaz Budi Ashari: Jika Sedang Sulit Ingatlah Ayat Ini
Ustaz Budi Ashari, dai yang juga pakar sejarah Islam. Foto/Ist
A A A
Sedang sulit? Yakinlah bahwa tidak lama lagi datang solusi.Tidak ada generasi putus asa, lagi galau naik status. Tidak ada dalam Islam generasi seperti itu. Sama sekali tidak ada.

Demikian pesan Ustaz Budi Ashari, Dai yang dikenal dengan pakar Sejarah Islam dalam postingannya di Instagram @budiashariofficial.

Baca Juga: Rahasia Hidup Berkah, Ternyata Rasulullah SAW Tidur Sehari 3 Kali

Ustaz Budi Ashari menyampaikan nasihat indah sekaligus motivasi bagi yang sedang mengalami kesulitan. Lihatlah generasi Abdullah Bin Abbas. Yang disampaikan Nabi "Solusi itu nak datangnya bersama kesulitan" makanya Abdullah Bin Abbas ketika menafsirkan ayat:

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًاوإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا


Inna Ma'al 'Usri Yusro, dua kali disebut. "Dan sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."

Apa kata Abdullah Bin Abbas? Kata beliau bahwa dengan ayat ini maka kesulitan tidak mungkin mengalahkan kemudahan dua kali. Dari mana diambilnya? Dari ayat ini masing-masing terdapat. Disitu disebut kesulitan 2 kali ٱلْعُسْرِ dan disebut kemudahan dua kali يُسْرًا .

Walaupun sama-sama disebut dua kali, ternyata berbeda menurut ulama tafsir. Karena ٱلْعُسْرِ menggunakan Alif Lam, kesulitan pakai Alif Lam di ayat itu. يُسْرًا tidak ada Alif Lamnya. Sesuatu jika ada Alif Lam maka bendanya sama, itu-itu juga. Walau disebut dua kali kata kesulitan, tapi dengan menggunakan kata Alif Lam berarti kesulitannya sama.

Tapi يُسْرًا kemudahannya, tidak ada Alif Lam. Berarti kemudahan itu tidak satu jenis. Lihat bedanya Qur'an, cara menjelaskan Qur'an luar biasa Masya Allah.

Abdullah Bin Abbas, Masya Allah itu konsep. "Ketahuilah solusi itu hadir ketahuilah bersama kesulitan ada kemudahan."

"Saya hanya memberikan 1 potret contoh, Jadi intinya bagaimana Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam membersamai bagaimana hadirnya generasi yang dahsyat, yang luar biasa," terang Ustaz Budi Ashari.

Ternyata isi pesan menyampaikannya seperti ini modelnya, padahal ini anak SD belum lulus usianya. Pantas mereka menjadi generasi yang luar biasa.

Baca Juga: 5 Doa Ketika Mengalami Kesulitan
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2925 seconds (10.177#12.26)