Terhalang Masuk Surga Karena Tidak Menjaga Rasa Aman

Jum'at, 05 Februari 2021 - 07:00 WIB
loading...
Terhalang Masuk Surga Karena Tidak  Menjaga Rasa Aman
Pada pasangan suami-istri paling pantas untuk membuat aman tetangganya atau pasangannya yang utama. Foto ilustrasi/ist
A A A
Menjaga rasa aman dalam keluarga, termasuk pondasi kuat demi langgengnya perjalanan kehidupan rumah tangga
Rasa aman ini termasuk didalamnya rasa aman pada jiwa, jasad, maupun materi . Tatkala itu hilang dari sebuah keluarga, maka akan mengakibatkan anggota keluarga bercerai-berai.



Dinukil dari “ Tis’un Wa Tis’una Fikrah li Hayah Zaujiyah Sa’idah”, karya : Dr. Musyabbab bin Fahd al-Ashimi dijelaskan bahwa suami istri menjadi sumber rasa aman bagi pasangan dan anak-anak. Sebab, keduanya tidak pernah saling menyakiti dengan ucapan, seperti : mengangkat suara, mengancam, terutama di waktu marah. Terkadang menyakiti dapat berupa perilaku, seperti, berbagai macam pukulan, mengurung, sewenang-wenang terhadap harta atau milik pribadi, dan macam-macam gangguan lainnya.

Baca juga: Hati-hati, 10 Perilaku Suami pada Istri yang Dibenci Allah

Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wa sallam-bersabda,

اَلْمُؤْمِنُ مَنْ أَمِنَهُ النَّاسُ وَالْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ السُّوْءَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَبْدٌ لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ

Mukmin adalah yang manusia aman darinya. Dan Muslim adalah yang kaum muslimin selamat dari (gangguan) lisan dan tangannya, dan muhajir (orang yang hijrah) adalah yang menjauhi keburukan. Dan demi Dzat yang jiwaku dalam genggaman-Nya, tidak akan masuk Surga seorang hamba yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya (Shahih al-Jami’)



Hadis ini sangat jelas bahwa mukmin yang sebenarnya adalah yang kaum mukminin merasa aman darinya baik harta, kehormatan, maupun diri mereka. Begitu pula muslim yang hakiki adalah yang kaum muslimin selamat dari gangguan lisan dan tangannya. Dua kalimat ini telah mencakup seluruh jenis gangguan baik bersifat kejiwaan maupun fisik.



Dalam hadis ini juga dijelaskan bahwa seseorang akan terhalang masuk Surga tatkala tetangganya tidak merasa aman dari keburukan dan gangguannya. Sedangkan suami-istri paling pantas untuk membuat aman tetangganya (pasangannya).



Riset membuktikan bahwa di antara faktor penyebab penyakit kejiwaan dan tekanan mental adalah terbiasa bersikap keras. Sikapnya saat menghadapi rumah tangga dan masyarakat akan kembali sedianya masa kecil. Seperti jika seorang ayah biasa memperlakukan anak-anaknya dengan pukulan, cemoohan, dan garang. Itu semua akan dipraktekkan saat dewasa terhadap istri dan anak-anaknya. Artinya, dampak kekerasan itu kembali terulang dan regenerasi, dan akibat buruk akan menjangkau melebihi batasnya (keluarganya).



Wallahu A’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3290 seconds (0.1#10.140)