Salju Turun di Arab Saudi Pertanda Kiamat Sudah Dekat?

Selasa, 16 Maret 2021 - 16:41 WIB
loading...
Salju Turun di Arab Saudi Pertanda Kiamat Sudah Dekat?
Salju turun di Kota Tabuk di bagian barat laut Arab Saudi. Penduduk Arab berbondong-bondong mendatangi Tabuk untuk melihat salju yang mulai turun pada Kamis (18/2/2021) dini hari. Foto/dok SINDOnews
A A A
Salju turun di Arab Saudi pertanda Kiamat sudah dekat? Peristiwa langka ini membuat penduduk Arab berbondong-bondong ke Kota Tabuk untuk melihat turunnya salju pada Kamis (18/2/2021) dini hari.

Kota lainnya yang terdampak hujan lebat dan badai petir adalah Makkah, Madinah, Provinsi Timur, Qassim, Tabuk, Salam, Provinsi Perbatasan Utara, Asir, al-Baha, Jazan, Najran dan Jawf. Salju turun di Makkah dan Madinah pernah terjadi pada 2016 lalu.

Lihat Video: Salju Turun di Arab Saudi, Warga Berbondong-bondong ke Kota Tabuk

Salju juga menyelimuti bagian kota utara Kerajaan Arab Saudi awal bulan lalu. Terakhir kali Kerajaan mengalami hujan salju sebanyak yang terjadi pada tahun 2018. Turunnya salju di wilayah Arab ini dikaitkan dengan akhir zaman dan dektanya Hari Kiamat? Benarkah demikian?

Selain di Arab Saudi, salju juga pernah turun di wilayah Syam (Palestina, Suriah dan bagian negara lain di Timur Tengah) pada Desember 2016. Salah satu tanda Kiamat, Arab akan menjadi tanah yang subur. Dan ini termasuk tanda kiamat sughro (kecil).

Mengani fenomena salju ini, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم pernah bersabda diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجاً وَأَنْهَاراً وَحَتَّى يَسِيرَ الرَّاكِبُ بَيْنَ الْعِرَاقِ وَمَكَّةَ لاَ يَخَافُ إِلاَّ ضَلاَلَ الطَّرِيقِ وَحَتَّى يَكْثُرَ الْهَرْجُ

" Kiamat tidak akan terjadi hingga wilayah arab kembali menjadi tanah yang subur banyak padang hijau dan sungai-sungai. Hingga orang yang melakukan safar antara Iraq dan Mekah, tidak ada yang ditakuti selain kegelapan di jalan. Dan tidak muncul kiamat sampai terjadi banyak pembunuhan. (HR Ahmad 8833 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Ustadz Ammi Nur Baits, dilansir dari konsultasisyariah mengungkapkan, kita meyakini apa yang disebutkan dalam hadis ini pasti terjadi. Jazirah arab yang tandus dengan padang pasirnya, akan kembali menjadi padang hijau, yang banyak rerumputan.

Hanya saja kita tidak bisa memastikan, kapan ini akan terjadi dan bagaimana cara Allah mengubah gurun gersang menjadi lahan hijau. Apakah karena hujan salju ataukah karena yang lainnya. Semua itu yang tahu hanya Allah.

Dalam Fatwa Islam ketika membahas masalah salju di Arab yang diyakini masyarakat sebagai tanda dekatnya Kiamat, menyatakan:

والذي نراه أن رجوع جزيرة العرب مروجاً وأنهاراً أمر لا شك فيه ، ولكن لا يمكن الجزم بأن ذلك سيكون بسبب الذوبان الجليدي ، فإن علم ذلك عند الله تعالى

"Menurut kami, kembalinya jazirah Arab menjadi tanah yang subur banyak padang hijau dan sungai-sungai tidak bisa dipungkiri. Akan tetapi kita tidak bisa memastikan bahwa keadaan ini penyebabnya adalah es yang meleleh. Karena pengetahuan tentang kejadian ini, hanya Allah yang tahu." (Fatwa Islam, No. 110197)

16 Tanda-tanda Kiamat Kecil
Salah satu dari 16 tanda Kiamat kecil adalah menghijaunya tanah Arab. Kemudian disebutkan juga tandanya adalah Sungai Eufrat (Al-Furat) dan memunculkan gunung emas. Berikut 16 tanda-tanda Kiamat Kecil:

1. Diutus dan wafatnya Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. (HR. Muslim)
2. Penaklukan Baitul Maqdis. (HR Al-Bukhari)
3. Wabah Tha'un 'Amwas. (HR. Al-Bukhari)
4. Banyaknya orang kaya dengan harta Melimpah Ruah. (Al-Bukhari Muslim)
5. Munculnya banyak Fitnah. (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim)
6. Munculnya pembohong besar mengaku utusan Allah. (HR Al-Bukhari)
7. Api Keluar dari tanah Hijaz. (Al-Bukhari Muslim)
8. Maraknya zina dan pornografi. (HR Al-Bukhari)
9. Riba merajalela dan mencari harta dari jalan haram. (HR Al-Bukhari, At-Thabrani)
10. Maraknya miras (minuman khamr). (HR Al-Bukhari)
11. Berlomba-lomba menghias Masjid. (HR Al-Bukhari)
12. Zaman semakin singkat setahun bagaikan sebulan. (HR Ahmad, At-Tirmidzi)
13. Wafatnya para Ulama pewaris Nabi. (HR Al-Bukhari)
14. Munculnya orang-orang bodoh berfatwa tanpa ilmu. (HR Al-Bukhari)
15. Sungai Eufrat (Al-Furat) mengering sehingga muncullah gunung emas. (HR Muslim)
16. Tanah Arab menghijau penuh tumbuhan dan sungai-sungai. (HR Ahmad)

Adapun tanda-tanda Kiamat Besar (Al-Kubro) sebagaimana disabdakan Rasulullah di antaranya:
1. Munculnya Dukhan (kabut/asap).
2. Turunnya Dajjal.
3. Binatang Melata.
4. Terbitnya Matahari dari Barat.
5. Turunnya Nabi Isa 'alaihis salam.
6. Keluarnya Ya'juj dan Ma'juj.
7. Terjadi 3 Kali Penenggelaman di Bumi yaitu di timur, di barat, di jazirah Arab.
8. Api Muncul dari Yaman yang akan menggiring manusia menuju tempat berkumpul mereka.

Tanda-tanda kiamat besar ini terdapat dalam Hadis Sahih Muslim dari Huzzaifah Ibnul Yaman radhiyallaahu 'anhu. Ini hadis merupakan peristiwa yang berurutan dan ada yang tidak berurutan. Bagi umat Islam, meyakini Hari Kiamat merupakan salah satu rukun iman.

Sepatutnya tak perlu berlebihan bertanya kapan terjadinya Kiamat. Yang penting bagi kita bagaimana menyiapkan bekal untuk Akhirat sehingga kelak nanti tidak ada penyesalan sebagaimana penyesalan orang-orang yang mendustakan Hari Kiamat.



Salju Turun di Arab Saudi Pertanda Kiamat Sudah Dekat?

Dokumentasi salju turun di kawasan Tabuk, Arab Saudi pada Tahun 2020. Dok twitter @Dr_Ahmad_Nabeel
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)