Masya Allah, Anak ini Gambarkan Fisik Nabi Muhammad Secara Detail

Minggu, 21 Maret 2021 - 21:43 WIB
loading...
Masya Allah, Anak ini Gambarkan Fisik Nabi Muhammad Secara Detail
Potongan video seorang anak yang mensifati gambaran fisik Rasulullah SAW dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris secara detail. Foto/dok Channel Youtube Bedah Rasa
A A A
Seorang anak menjelaskan fisik Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم secara detail dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Video ceramah anak ini sempat viral di media sosial karena mampu mendeskripsikan sifat fisik Rasulullah dengan fasih dan jelas.

Salah satu akun IG yang memposting video ini adalah @pecinta_quran. Terhitung sejak 6 hari lalu, video tersebut sudah dilihat sebanyak 100.508 tayangan. Banyak riwayat menceritakan kepribadian dan budi pekerti Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang begitu mulia dan menakjubkan. Salah satunya terdapat dalam Kitab Asy-Syamail Imam At-Tirmidzi.

Bagaimana bentuk tubuh beliau, cara makan beliau, cara beribadah beliau hingga budi pekerti beliau, semuanya diceritakan dalam kitab tersebut. Beberapa sifat fisik Rasulullah di antaranya disebutkan:

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bukanlah orang yang berperawakan terlalu tinggi, namun tidak pula pendek. Kulitnya tidak putih bule juga tidak sawo matang. Rambutnya ikal, tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus kaku. Beliau diangkat Allah (menjadi Rasul) dalam 40 tahun.

Beliau tinggal di Makkah (sebagai Rasul) 10 tahun dan hijrah ke Madinah 10 tahun. Beliau berpulang ke rahmatullah dalam usia 60 tahun (riwayat lain 63 tahun). Di kepala dan janggut beliau tidak terdapat sampai dua puluh lembar rambut yang telah berwarna putih." (Diriwayatkan oleh Abu Raja' Qutaibah bin Sa'id, dari Malik bin Anas, dari Rabi'ah bin Abi 'Abdurrahman yang bersumber dari Anas bin Malik)

Aku tak pernah melihat orang yang berambut panjang terurus rapi, dengan mengenakan pakaian merah, yang lebih tampan dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Rambutnya mencapai kedua bahunya. Kedua bahunya bidang. beliau bukanlah seorang yang berperawakan pendek dan tidak pula terlampau tinggi. (Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Waki', dari Sufyan, Dari Abi Ishaq, yang bersumber dari Al-Bara bin 'Azib)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم tidak berperawakan terlalu tinggi dan tidak pula terlalu pendek. Beliau berperawakan sedang di antara kaumnya. Rambut tidak keriting bergulung dan tidak pula lurus kaku, melainkan ikal bergelombang. Badannya tidak gemuk, dagunya tidak lancip dan wajahnya agak bundar. Kulitnya putih kemerahmerahan. Matanya hitam pekat dan bulu matanya lentik. Bahunya bidang.

Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah bercerita: "Nabi bukanlah orang yang tinggi, juga bukan orang yang pendek. Kedua telapak tangan dan kaki beliau tebal. Kepala beliau besar. Tulang-tulang panjangnya besar. Bulu-bulu dadanya panjang. Jika berjalan, beliau berjalan dengan tegak layaknya orang yang sedang menapaki jalan yang menurun. Aku belum pernah melihat orang seperti beliau sebelum atau setelahnya."

Baca Juga: Biografi Nabi Muhammad, Manusia Teragung Sepanjang Masa

Allahu A'lam

Berikut video ceramahnya diunggah oleh akun Youtube "Bedah Rasa" yang bersumber dari Grup pengajian Nidaul Khairat:
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)