Ini Alasan Mengapa Sholat Tarawih Dikerjakan 20 Rakaat

Jum'at, 02 April 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Sangat disesalkan apabila di bulan Ramadhan yang agung, bulan berlomba‐lomba mencari pahala, berkah, kasih sayang, dan ampunan dari Allah Ta'ala, justru dikotori dengan saling hina, saling menyalahkan. Bahkan saling mengkufurkan antara kelompok masyarakat yang lebih memilih shalat tarawih sebanyak 20 rakaat dengan kelompok masyarakat yang memilih 8 rakaat saja.

Ulama besar Jakarta Al-Muhaddits Al-Habib Salim bin Ahmad bin Jindan (wafat 1969) pernah ditanya tentang jumlah rakaat pada shalat tarawih di bulan Ramadhan. Maka beliau menjawab dengan tegas, "Silakan jika Anda ingin shalat 20 rakaat, silakan jika Anda ingin solat 8 rakaat. Dan silakan jika Anda tidak ingin melaksanakan shalat tarawih sama sekali, karena tarawih adalah ibadah sunnah dan bukan wajib.

Namun, Anda sangat dilarang untuk berkelahi, bertikai, bermusuhan dan mendengki serta saling membenci. Inilah yang diharamkan oleh Allah yang harus kita perhatikan.

Demikian penjelasan ilmiah tentang sholat tarawih. Semoga Allah memberi taufik-Nya kepada kita agar dapat menghidupan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan. Aamiin.

Wallahu A'lam

Sumber:
Dauroh Nisyfu Sya'ban & Menyambut Ramadhan
Al-Habib Ahmad Bin Novel Salim Jindan
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)