3 Waktu Utama Baca Ayat Kursi dan Keistimewaannya, Berikut Bacaan Arab, Latin dan Terjemahan

loading...
3 Waktu Utama Baca Ayat Kursi dan Keistimewaannya, Berikut Bacaan Arab, Latin dan Terjemahan
Salah satu waktu, mengamalkan ayat kursi pada pagi dan petang akan mendapat perlindungan oleh Allah Subhanahu wa taala dari gangguan apapun. Foto ilustrasi/ist
Ayat Kursi merupakan salah satu ayat yang paling sering dilantunkan . Tak sedikit pula yang akhirnya menjadikan Ayat Kursi sebagai ayat favorit. Ayat kursi, tidak lain adalah Surat Al-Baqarah ayat 255 ini keutamaannya luar biasa, berpangkal dari kandungan maknanya.

Baca juga: Hati-hati, 3 Jenis Cinta Ini Menyeret Manusia ke Neraka

Ia berisi penjelasan kalimat tauhid yang darinya terumus pendirian dan pegangan seorang muslim sehingga berani menghadapi segala tantangan hidup . Dalam kitab Abwab Al Faraj, Sayyid Muhammad Al Alawy Al Maliki Al Hasani menjelaskan keistimewaan ayat kursi di antaranya:

1. Ayat yang paling agung.

Rasulullah berkata pada Ubai bin Ka’ab,



“Wahai Abu Al Mudzir, apakah engkau tahu ayat Al Qur’an yang dengannya engkau lebih besar?” Aku (Ubay bin Ka’ab) menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Kemudian Rasulullah menjawab, “Yaitu ayat kursi.” Ubai mengisahkan Rasulullah menepuk dadanya dan bekata, “Semoga ilmu senantiasa menghampirimu.” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud, dan Al Hakim).

Baca juga: 5 Amalan Ringan yang Dapat Menggandakan Pahala Puasa Ramadhan

2. Sebagai jantung dan pemimpin ayat-ayat Al Qur'an (Sayyidat ayy Al Qur'an)

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam menyebut ayat ini sebagai jantung dan pemimpin ayat-ayat Al Qur’an (sayyidat ayy Al Qur’an). Selain itu, ayat ini juga memiliki nama lain seperti, ayat penakluk (Al Fath), ayat keberkahan (Al Barakat), ayat yang disucikan (Al Muqaddasah), ayat tauhid, dan ayat para peminta pertolongan (Al Mustaghitsin).

3.Allah akan dikabulkan keinginannya.

Itulah beberapa alasan mengapa ayat kursi cukup sering dibaca oleh umat Islam. Walau demikian, ada tiga waktu utama yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah agar membaca ayat kursi.

Baca juga: Ini Waktu Terbaik dan Mustajabnya Sholat Dhuha

1. Ketika pagi dan petang

Mereka yang senantiasa mengamalkan ayat kursi pada pagi dan petang akan mendapat perlindungan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dari gangguan apapun.

Dari sahabat Ubay bin Ka’ab, Nabi berkata, “Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai macam gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim).

2. Sebelum tidur

Ketika seorang hamba tidur, maka rentan baginya diganggu oleh jin dan setan. Untuk itu, seorang hamba hendaknya rutin membaca ayat kursi saat ia hendak tidur. Dengan demikian, maka Allah akan melindunginya dari jin dan setan.

Baca juga: KPK Sebut 3 Tersangka Korupsi Tanah Munjul, Yoory Pinontoan Salah Satunya

Hal ini disampaikan oleh Rasulullah ketika sahabat Abu Hurairah mengadu padanya bahwa seseorang telah mengajarkannya ayat kursi. Abu Hurairah menjawab,
halaman ke-1
cover top ayah
اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلۡفُقَرَآءِ وَالۡمَسٰكِيۡنِ وَالۡعٰمِلِيۡنَ عَلَيۡهَا وَالۡمُؤَلَّـفَةِ قُلُوۡبُهُمۡ وَفِى الرِّقَابِ وَالۡغٰرِمِيۡنَ وَفِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ وَابۡنِ السَّبِيۡلِ‌ؕ فَرِيۡضَةً مِّنَ اللّٰهِ‌ؕ وَاللّٰهُ عَلِيۡمٌ حَكِيۡمٌ
Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. At-Taubah:60)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!