Idul Fitri Tidak Hanya Hari Kemenangan, tapi juga Menjaga Fitrah Manusia

loading...
Idul Fitri Tidak Hanya Hari Kemenangan, tapi juga Menjaga Fitrah Manusia
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Mathlaul Anwar (PBMA) KH Oke Setiadi Affendi. Foto/Istimewa
JAKARTA - Umat Islam baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah situasi pandemi Covid-19. Melalui silaturahmi, momen Idul Fitri dinilai harus memperkuat semangat kebersamaan dan persaudaraan antarsesama.

Menurut Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Mathla'ul Anwar (PBMA) KH Oke Setiadi Affendi, Ramadhan dan Hari Idul Fitri bukan sekadar menang melawan hawa nafsu.

Tetapi bagaimana upaya umat untuk bisa kembali kepada jati diri sebagai manusia, kembali kepada fitrah dan jati diri kemanusiaan. “Ini memang salah satu (bentuk-red) menjaga Fitrah kita, menjaga kemanusiaan diri kita, tentunya bukan hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi juga di luar bulan Ramadhan seperti sekarang ini usai Idul Fitri, tentunya harus terus kita jaga fitrah kita, kemanusiaan kita atau kesucian kita,” tutur KH Oke Setiadi Affendi di Jakarta, Senin 17 Mei 2021.

Dia mengatakan, bulan Ramadhan adalah momen untuk menjaga fitrah, insaniyah atau kemanusiaan diri agar bisa lebih kreatif bahkan lebih luar biasa lagi setelah Idul Fitri.

“Lalu bagaimana cara kita (memperkuat-red) kemanusiaan diri kita? Ya tentunya kita tidak terlibat dalam hal-hal tidak berguna yang dapat merugikan orang lain, apalagi kalau sampai merusak. Untuk itu mari jaga fitrah kita setelah Idul Fitri ini,” tutur dosen bidang ekonomi Islam di Universitas Mathla'ul Anwar itu.



Baca juga: Armand Maulana Jadi Imam Salat Idul Fitri di Inggris

Pria yang biasa disapa Kiai Oke ini juga mengingatkan untuk menghidari perilaku buruk yang dapat merusak kehidupan masyarakat.

"Hoaks dan penyebaran provokasi ini adalah bagian dari sesuatu yang merusak orang lain dan juga merusak diri kita. Di luar dia tidak lagi puasa seperti sekarang pun tidak baik, apalagi ketika dia kemarin sedang mengerjakan ibadah puasa,” tuturnya.

Baca juga: Turki Usulkan Pasukan Internasional Lindungi Rakyat Palestina
(dam)
cover top ayah
وَاِذَا تُتۡلٰى عَلَيۡهِ اٰيٰتُنَا وَلّٰى مُسۡتَكۡبِرًا كَاَنۡ لَّمۡ يَسۡمَعۡهَا كَاَنَّ فِىۡۤ اُذُنَيۡهِ وَقۡرًا‌ۚ فَبَشِّرۡهُ بِعَذَابٍ اَلِيۡمٍ
Dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami, dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbatan di kedua telinganya, maka gembirakanlah dia dengan azab yang pedih.

(QS. Luqman:7)
cover bottom ayah
preload video