MUI Serahkan Bantuan Rp19 Miliar untuk Pembangunan RS Indonesia Hebron Palestina

Senin, 24 Mei 2021 - 17:37 WIB
loading...
MUI Serahkan Bantuan Rp19 Miliar untuk Pembangunan RS Indonesia Hebron Palestina
Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara simbolik resmi memberikan bantuan dana sebesar Rp19 miliar kepada pemerintah Palestina untuk pembangunan Rumas Sakit Indonesia Hebron (RSIH). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara simbolik resmi memberikan bantuan dana sebesar Rp19 miliar kepada pemerintah Palestina untuk pembangunan Rumas Sakit Indonesia Hebron (RSIH). Penyerahan bantuan itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum MUI Pusat KH Miftachul Akhyar kepada Duta Besar Negara Palestina di Aula Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Senin (24/5/2021).

Berdasarkan keterangan pers yang diterima SINDOnews, penyerahan secara simbolik bantuan dana tahap 1 untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) Rp19 miliar ini diberikan juga secara langsung dari MUI kepada Wali Kota Hebron Tayser Abu Sneineh.

Pada 20 Januari 2020 Pengurus MUI Pusat sempat juga berinisiatif memberi bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina berupa sebuah Rumah Sakit. Hari ini telah mendapatkan dukungan dan kerjasama yang sangat baik dari Wali Kota Hebron.

Pimpinan MUI Pusat yang diwakili oleh KH Dr Muhyidin menyebutkan penyerahan bantuan ini juga sempat ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Pengurus MUI Pusat dengan Wali Kota Hebron untuk pembangunan RSIH. (Baca juga; Palestina Menang, Humas Partai Ummat: Doa Kami Terkabul )

"Pengurus MUI Pusat akan menyediakan dan mengupayakan biayanya sebesar Rp100 miliar dari donasi kemanusiaan seluruh masyarakat Indonesia, sementara pihak Wali Kota Hebron akan menyediakan lahannya seluas 4000 m2," jelasnya.

Pengurus MUI Pusat melalui Panitia Pembangunan RSIH pada Februari – Desember 2020 telah mengadakan kegiatan penggalangan dana dan berhasil terkumpul sebesar Rp2 miliar. (Baca juga; Muhammad Ali Taher, Raja Media Palestina yang Enggak Basa-Basi Bantu Perjuangan Kemerdekaan Indonesia )

Ketua MUI Pusat Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Prof Dr Sudarnoto Abdul Hakim menyebutkan pada 17 Mei 2021 panitia telah mencanangkan “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan Untuk RSIH Palestina”.

"Dalam rangka mengajak dan mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk berdonasi bagi segera terwujudnya RSIH. Sejak dicanangkannya Gerakan tersebut, sampai Ahad 23 Mei 2021 telah berhasil dikumpulkan dana sebesar Rp17 miliar,” ucapnya.

"Keseluruhan dana yang telah berhasil digalang MUI, baik kepengurusan periode terdahulu maupun kepengurusan periode saat ini yang mencapai Rp19 miliar dan dana tersebut pada hariini diserahkan secara simbolik kepada Duta Besar Negara Palestina di Jakarta, Zuhair Al Shun," lanjut Sudarnoto.

Menurut dia, pembangunan RSIH ini merupakan salah satu bentuk ungkapan solidaritas dan dukungan MUI bagi perjuangan bangsa Palestina dalam mencapai kemerdekaannya dan dalam menghadapi agresi penjajahan Israel.

Dukungan MUI tidak hanya diwujudkan dalam bentuk bantuan kemanusiaan saja, tetapi juga dukungan politis melalui Pemerintah RI agar terus menjadi garda terdepan dalam penyelasaian damai agresi penjajahan Israel yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

MUI juga berkomitmen untuk senantiasa siap memfasilitasi rujuk nasional Palestina karena MUI yakin bahwa tanpa persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa Palestina maka agresi penjajahan Israel atas Palestina tidak akan bisa dihentikan.

"MUI yakin, Insha Allah dengan dukungan penuh dan solidaritas seluruh bangsa Indonesia, niat baik bangsa Indonesia untuk membantu bangsa Palestina dapat berhasil," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)