Jelang Gerhana Bulan Total, MUI Ajak Muslim Kerjakan Ibadah Sunah

loading...
Jelang Gerhana Bulan Total, MUI Ajak Muslim Kerjakan Ibadah Sunah
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat muslim melakukan amalan ibadah sunah seperti salat gerhana bulan. FOTO/IST
JAKARTA - Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon akan terjadi pada Rabu (26/05/2021) petang ini. Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) mengajak umat muslim melakukan amalan ibadah sunah seperti salat gerhana bulan.

Ibadah sunah saat gerhana bulan adalah memperbanyak istighfar dan bertaubat atas dosa, memperbanyak zikir, takbir, tahlil dan tahmid, berbuat baik dan bershadaqah. Selain itu juga melaksanakan salat gerhana bulan dan merenungkan kebesaran Allah SWT dalam penciptaan alam semesta.

"Hari ini kita dapat menyaksikan salah satu kebesaran Allah SWT, gerhana bulan total. Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo'alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah salat dan bersedekahlah," (HR Bukhari No 1044)," tulis MUI di akun resminya, Rabu (26/05/2021).

Baca juga: BMKG: Gerhana Bulan Total Terlihat di Jakarta Mulai Pukul 18.09 WIB

MUI turut memberikan informasi tata cara salat sunah gerhana bulan (Kusyuful Qamar) yaitu: Niat bersamaan dengan takbiratul ihram. "Saya salat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum
karena Allah SWT," tulis MUI.

Membaca taawudz dan Surat Al-Fatihah diikuti dengan membaca surat Al-Qur'an dengan jahar (lantang).

Rukuk pertama dengan membaca tasbih kemudian i'tidal pertama. Pada i'tidal pertama membaca Surat Al-Fatihah diikuti dengan bacaan surat Al-Qur'an.

Rukuk kedua dengan membaca tasbih kemudian i'tidal kedua dengan membaca doa i'tidal.

Baca juga: Berlangsung Selama 5 Jam, Deretan Fakta Gerhana Bulan Total Hari Ini

Sujud dengan membaca tasbih, duduk di antara dua sujud, sujud kedua dengan membaca tasbih lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama. Diakhiri dengan tahiyat dan salam.

Berikut jam perkiraan munculnya gerhana bulan berdasarkan data Infokom MUI Pusat:

Awal gerhana sebagian dimulai pukul 16:44:59 WIB,

Awal gerhana bulan total pukul 18: 11:26 WIB,

Puncak Gerhana Bulan Total pukul 18:18:41WIB,

Akhir gerhana bulan total 18:25:56 WIB

Akhir gerhana bulan sebagian pukul 19:52:23 WIB.
(abd)
cover top ayah
مَنۡ كَانَ يُرِيۡدُ حَرۡثَ الۡاٰخِرَةِ نَزِدۡ لَهٗ فِىۡ حَرۡثِهٖ‌ۚ وَمَنۡ كَانَ يُرِيۡدُ حَرۡثَ الدُّنۡيَا نُؤۡتِهٖ مِنۡهَا وَمَا لَهٗ فِى الۡاٰخِرَةِ مِنۡ نَّصِيۡبٍ
Barangsiapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya dan barangsiapa menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.

(QS. Asy-Syura:20)
cover bottom ayah
preload video