Belum Ada Pengumuman Resmi Vaksin Sinovac Bisa untuk Haji

Rabu, 02 Juni 2021 - 07:28 WIB
loading...
Belum Ada Pengumuman Resmi Vaksin Sinovac Bisa untuk Haji
Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyatakan, belum ada pengumuman resmi terkait diperbolehkannya penggunaan Vaksin Sinovac untuk ibadah haji tahun ini.

Arab Saudi belum mengizinkan masuk jamaah haji yang telah disuntik vaksin Sinovac lantaran merek vaksin buatan Cina itu belum mendapatkan sertifikasi dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO. "Di web WHO belum muncul. Di sini belum ada pengumuman resmi," ucap Agus saat dikonfirmasi, Selasa (2/6/2021).

Salah satu vaksin yang telah mendapatkan sertifikasi WHO yakni AstraZeneca. Karena itu Saudi memperbolehkan merek tersebut. Tetapi, warga Indonesia yang sudah menerima vaksinasi lebih banyak menggunakan merek Sinovac ketimbang AstraZeneca.



Sebelumnya, beredar informasi Vaksin Sinovac telah mendapat persetujuan atau disertifikasi WHO. Tim penasihat teknis WHO mengambil keputusan setelah meninjau data klinis terbaru mengenai keamanan dan kemanjuran Vaksin Sinovac serta praktik manufaktur perusahaan.



Sementara itu, hingga kini Kerajaan Arab Saudi belum mengumumkan kuota haji 2021 untuk Indonesia. Namun, Pemerintah RI masih berupaya melobi otoritas terkait untuk mendapatkan kepastian.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)