Sunnah yang Terlupakan, Ini Keutamaan Mengusap Kepala Anak Kecil

Selasa, 15 Juni 2021 - 14:36 WIB
loading...
Sunnah yang Terlupakan, Ini Keutamaan Mengusap Kepala Anak Kecil
Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat, Al-Habib Quraisy Baharun saat mengusap kepala anak didiknya. Foto/Ist
A A A
Mengusap kepala anak kecil termasuk perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan sahabat senantiasa mengusap kepala anak kecil yang ditemuinya.

Al-Habib Quraisy Baharun menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah mengusap kepala bayi berumur dua minggu dan kemudian beliau memberikan nama padanya. Ini sebagaimana riwayat yang disebutkan dalam Kitab Tarbiyatul Awlaad berikut:

"Dari Idris bin Muhammad bin Anas bin Fadhalah bin Muhamad berkata; Telah menceritakan kepada kami kakekku, dan dia mendapatkan dari ayahnya berkata: Rasulullah SAW datang ke Madinah dan aku baru berumur dua minggu, aku didatangkan kepada Nabi dan beliau mengusap kepalaku dan bersabda: Berilah dia nama seperti namaku.

Abdullah bin Ja'far bin Abi Thalib ketika masih kecil beliau menceritakan:

ﺛُﻢَّ ﻣَﺴَﺢَ ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺃْﺳِﻲ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻛُﻠَّﻤَﺎ ﻣَﺴَﺢَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺧْﻠُﻒْ ﺟَﻌْﻔَﺮًﺍ ﻓِﻲ ﻭَﻟَﺪِﻩِ

"...Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengusap kepalaku sebanyak tiga kali. Setiap kali mengusap beliau berdoa:'Ya Allah, jadikanlah pengganti Ja'far pada anaknya..."

Inilah kenapa orang-orang saleh selalu mengamalkan sunnah Nabi yang satu ini. Apalagi mengusap kepala anak-anak yatim memiliki keutamaan yang sangat besar.

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲْ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺃَﻥَّ ﺭَﺟُﻠًﺎ ﺷَﻜَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺴْﻮَﺓَ ﻗَﻠْﺒِﻪِ، ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟَﻪُ: ﺇِﻥْ ﺃَﺭَﺩْﺕَ ﺗَﻠْﻴِﻴْﻦَ ﻗَﻠْﺒِﻚَ ﻓَﺄَﻃْﻌِﻢِ ﺍﻟْﻤِﺴْﻜِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻣْﺴَﺢْ ﺭَﺃْﺱَ ﺍﻟْﻴَﺘِﻴْﻢِ

Dari Abu Hurairah, bahwasanya ada seseorang yang mengeluhkan kerasnya hati kepada Rasulullah, lalu beliau berkata kepadanya: "Jika engkau ingin melembutkan hatimu, maka berilah makan kepada orang miskin dan usaplah kepala anak yatim."

"Mulai saat ini, marilah kita amalkan apabila berjumpa anak kecil atau anak yatim, Maka dekaplah dia penuh rahmah, Usaplah kepalanya, Rasakan hausnya ia akan kasih sayang, pengajaran dan teladan sosok ayah atau ibu," kata Habib Quraisy dalam satu kajiannya.

Keutamaan Mengusap Kepala Anak Kecil?
Tidak ada sunnah yang tidak mempunyai fadhillah keistimewaan. Di antara hikmah dan keutamaan mengusap kepala anak kecil, maka anak dan kita akan timbul sifat rahmah (kasih sayang) yang menjadi sifat Asma' Allah yang agung.

Mengusap kepala anak kecil dapat melembutkan hati. Kemudian Mengobati kerasnya hati yang membuat malas beribadah dan melakukan kebaikan. Mengusap kepala menimbulkan sifat penyayang.

Demikian fadhillah mengusapa kepala anak kecil. Semoga Allah memudahkan kita dalam mengamalkan sunnah-sunnah Nabi.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3261 seconds (0.1#10.140)