17 Sunnah Rasulullah yang Sering Dilupakan Para Suami

Kamis, 15 Juli 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
12. Meredam Kemarahan Istri dengan Kemesraan
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam biasa memijit hidung Aisyah jika ia marah dan beliau berkata, Wahai Aisyah, bacalah doa: "Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan." (HR. Ibnu Sunni)

13. Memanggil dengan Kata-kata Mesra
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memanggil Aisyah dengan Humairah yang artinya pipi kemerah-merahan. Terkadang beliau juga suka memanggil sebutan "Aisy/Aisyi".

Aisyah radhiyallahu 'anha menuturkan, "Pada suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya, "Wahai 'Aisy (panggilan kesayangan 'Aisyah), Malaikat Jibril 'alaihissalam tadi menyampaikan salam buatmu." (Muttafaq 'Alaih)

14. Mengajak Istri Jalan Berduaan di Waktu Malam
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang pada malam hari, kemudian beliau mengajak Aisyah berjalan-jalan dan berbincang-bincang. (HR Muslim)

15. Memuliakan Istri
Dari Anas, dia berkata: "Kemudian kami pergi menuju Madinah (dari Khaibar). Aku lihat Nabi menyediakan tempat duduk yang empuk dari kain di belakang beliau untuk Shafiyyah." (HR Al-Bukhari)

16. Memperhatikan Perasaan Istri
"Sesungguhnya ketika seorang suami memperhatikan istrinya dan begitu pula dengan istrinya, maka Allah memperhatikan mereka dengan penuh rahmat, manakala suaminya merengkuh telapak tangan istrinya dengan mesra, berguguranlah dosa-dosa suami istri itu dari sela jemarinya." (Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari Ar- Rafi dari Abu Said Alkhudzri)

17. Bersenda Gurau untuk Bangun Kemesraan
Aisyah dan Saudah pernah saling melumuri muka dengan makanan. Nabi shalllahu 'alaihi wasallam tertawa melihat mereka. (HR an-Nasai)

Dari Zaid bin Tsabit berkata tentang Rasulullah suka bercanda dengan istrinya. (HR Al-Bukhari)

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)