Jangan Lupa Besok Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Keutamaannya

Sabtu, 17 Juli 2021 - 17:05 WIB
loading...
Jangan Lupa Besok Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Keutamaannya
Salah satu amal saleh yang dicintai Allah di bulan Dzulhijjah yaitu menghidupkan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah. Foto/ist
A A A
Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Dzulhijjah adalah menunaikan puasa Tarwiyah dan Arafah. Puasa sunnah ini memiliki keutamaan besar bagi yang menjalankannya.

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau bertepatan besok, Ahad 18 Juli 2021. Kemudian besoknya Senin-9 Dzulhijjah dilanjutkan dengan Puasa Arafah.

Baca Juga: Marhaban Ya Syahru Dzulhijjah, Berikut 5 Amalan yang Dianjurkan

Keutamaan puasa ini diterangkan dalam Hadis berikut:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau bersabda: "Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang." (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain, Nabi bersabda: "Puasa di hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Dzulhijah) akan mengampuni dosa dua tahun," (HR Tirmidzi)

Bahkan Rasulullah tidak pernah meninggalkan puasa Arafah. Ini menunjukkan keutamaannya yang luar biasa.

أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

"Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah yaitu puasa asyura, puasa hari arafah, puasa tiga hari setiap bulan dan shalat dua rakaat sebelum subuh (HR. An-Nasa'i dan Ahmad)

Itulah beberapa keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah. Dalam riwayat lain, Nabi juga berpesan bahwa tidak ada satu amal saleh yang lebih dicintai oleh Allah Ta'ala melebihi amal saleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah)." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah)

1. Niat Puasa Sunnah Tarwiyah:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَلٰى


Nawaitu Shouma Tarwiyata Sunnatan Lillahi Ta'ala.
(Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah Ta'ala)

2. Niat Puasa Sunnah Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَلٰى


Nawaitu Shouma 'Arofata Sunnatan Lillahi Ta'ala.
(Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta'ala)

Demikian keutamaan Puasa Arafah dan Tarwiyah. Mudah-mudahan kita diberi taufik dan hidayah agar dimudahkan menjalan puasa sunnah ini.

Baca Juga: Niat Puasa Harian Bulan Dzulhijjah Lengkap Latin dan Artinya
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1687 seconds (10.101#12.26)