3 Keutamaan Surat Al Mulk yang Menakjubkan

Senin, 02 Agustus 2021 - 14:12 WIB
loading...
3 Keutamaan Surat Al Mulk yang Menakjubkan
Surat Al Mulk disebut juga Surah Tabarok, salah satu fadhillahnya adalah penghalang dari siksa kubur. Foto/dok SINDOnews
A A A
Keutamaan Surat Al Mulk perlu diketahui umat muslim karena memiliki fadhillah yang menakjubkan. Siapa yang mendawamkan (membacanya secara rutin) niscaya ia termasuk orang beruntung.

Surat Al Mulk (Kerajaan) adalah salah satu surah yang agung dalam Al-Qur'an. Surah ke 67 ini terdiri dari 30 ayat dan masuk dalam golongan surah Makkiyah karena diturunkan di Makkah.

Baca Juga: Keutamaan Surah Al-Mulk Pelindung dari Siksa Kubur

Para sahabat menyebutnya dengan Surat Tabarok. Berikut 3 kutamaan Surat Al Mulk sebagaimana disebut Rasulullah SAW dalam Hadis berikut.

1. Memberi Syafa'at (Penolong) Bagi Pembacanya
Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bersabda dalam satu hadis:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ سُوْرَةً فِى الْقُرْآنِ ثَلاَثِيْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا غُفِرَ لَهُ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ».أخرجه الإمام أحمد وأصحاب السنن الأربعة ، وقال الترمذي : هذا حديث حسن.

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW: 'Sungguh surah di dalam Al-Qur'an yang ayatnya ada 30 dapat memberikan syafa'at untuk yang membacanya, ia diampuni, yakni surah Tabarakalladzi biyadihil mulku." (HR. Ahmad, Abu Daud, At-Timidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah)

2. Penyelamat dari Siksa Kubur
Keutamaan kedua disebut oleh Rasulullah SAW dalam hadis berikut:

عن ابن عباس في تسمية سورة الملك بالواقية والمنجية قال رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم : «هي المانعة هي المنجية تنجيه من عذاب القبر».أخرجه الترمذي

"Dari Ibnu Abbas tentang penamaan Surah Al-Mulk dengan nama Al-Waqiyah dan Al-Munjiyat, Rasulullah SAW bersabda, "Surah Al-Mulk adalah surah pencegah, ia adalah surah penyelamat yang dapat menyelamatkan (pembacanya) dari adzab kubur." (HR At-Tirmidzi)

3. Memperoleh Banyak Manfaat dan Kebaikan
Imam Muhammad Al-Baqir berkata: "Surat Al-Mulk adalah penghalang dari siksa kubur, surat ini termaktub di dalam Taurat. Barangsiapa yang membacanya di malam hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan. Sungguh aku membacanya dalam salat sunnah sesudah Isya dalam keadaan duduk. Ayahku membacanya pada siang dan malam. Barangsiapa yang membacanya, maka ketika Malaikat Munkar dan Nakir akan masuk ke kuburnya dari arah kedua kakinya, kedua kakinya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini berpijak padaku lalu ia membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam. Ketika mereka datang kepadanya dari rongganya, rongganya berkata kepada mereka: Kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah menjagaku dengan Surat Al-Mulk; ketika mereka datang kepadanya dari arah lisannya. Lisannya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam denganku." (Al-Kafi 2/233)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)