UAS: Hukum Baca Surat Yasin Malam Jumat

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 17:17 WIB
loading...
UAS: Hukum Baca Surat Yasin Malam Jumat
Ustaz Abdul Somad (UAS) menerangkan hukum membaca Surat Yasin di malam Jumat. Foto/Ist
A A A
UAS: hukum baca Surat Yasin di malam Jumat perlu diketahui kaum muslimin. Sebagian kalangan menganggapnya bid'ah, padahal dalilnya jelas dan memiliki jalur yang banyak sesuai syarat Ash-Shahih.

"Ada yang mengatakan baca Yasin di malam Jumat adalah bid'ah, karena beralasan Nabi Muhammad tak pernah mengamalkannya. Perlu diketahui bahwa sunnah itu ada tiga yaitu Qaul (perkataan Nabi), Fi'il (perbuatan), dan Taqrir (diamnya Nabi) adalah sunnah," kata Ustaz Abdul Somad (UAS) menjawab pertanyaan jamaah di Malaysia sepert disiarkan Channel Majelis Ilmu beberapa waktu lalu.



UAS menjelaskan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memang tidak pernah mengkhususkan baca Yasin di malam Jumat. Tetapi bukan berarti baca Yasin malam Jumat ini bid'ah. Beliau pernah bersabda tentang keutamaan membaca Yasin pada malam hari. Berikut sabda beliau:

وقال الحافظ أبو يعلى: حدثنا إسحاق بن أبي إسرائيل، حدثنا حجا بن محمد، عن هشام بن زياد، عن الحسن قال: سمعت أبا
هريرة يقول: قال رسول هللا صلى هللا عليه وسلم: "من قرأ يس في ليلة أصبح مغعو ًرا له. ومن قرأ: "حم" التي فيها الدخان
أصبح مغعو ًرا له".

Al-Hafizh Abu Ya’la berkata, Ishaq bin Abi Isra’il meriwayatkan kepada kami, Hajjaj bin Muhammad meriwayatkan kepada kami, dari Hisyam bin Ziyad, dari al-Hasan, ia berkata, 'Saya mendengar Abu Hurairah berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca Surat Yasin pada suatu malam, maka pada pagi harinya ia diampuni. Dan siapa yang membaca Surat Ha Mim yang di dalamnya ada ad-Dukhan, maka pada pagi harinya ia diampuni". Imam Ibnu Katsir memberikan komentar: جيد إسناد [Sanad Jayyid] artinya baik.

Kata UAS, karena tidak sanggup membacanya setiap malam, maka banyak kaum muslim membacanya pada malam Jumat. Inilah yang sering diamalkan sebagian besar muslim di Indonesia dan Malaysia.

Mereka memilih Jumat karena Jumat adalah hari yang paling agung atau dikenal dengan Sayyidul Ayyam (penghulu hari). Kalau dibaca setiap malam tentu lebih baik, tetapi dibaca malam Jumat juga tidak mengapa.

Untuk diketahui, Surat Yasin disebut juga jantungnya Al-Qur'an. Surah ke-36 ini terdiri dari 83 ayat dan termasuk surah Makkiyah (diturunkan di Makkah). Kandungan Surah Yasin bercerita tentang tanda-tanda keesaan dan kebesaran Allah Ta'ala. Kabar tentang datangnya hari kiamat dan hari kebangkitan.

Dalam bukunya berjudul "37 Masalah Populer", UAS menjelaskan keutamaan Surat Yasin, di antaranya:

1. Bacaan untuk Orang yang Sudah Wafat

ثم قال اإلمام أحمد: حدثنا عارم، حدثنا ابن المبارك، حدثنا سليمان التيمي، عن أبي عثمان -وليس بالنهدي-عن أبيه، عن
َم ْعِقل بن يَسَار قال: قال رسول هللا صلى هللا عليه وسلم: "اقرؤوها على موتاكم" -يعني: يس.
ورواه أبو داود، والنسائي في "اليوم والليلة" وابن ماجه من حديث عبد هللا بن المبارك، به إال أن في رواية النسائي: عن
أبي عثمان، عن معقل بن يسار.

Imam Ahmad bin Hanbal berkata, 'Arim meriwayatkan kepada kami, Ibnu al-Mubarak meriwayatkan kepada kami, Sulaiman at-Taimi meriwayatkan kepada kami, dari Abu ‘Utsman –bukan an-Nahdi-, dari Bapaknya, dari Ma’qil bin Yasar. Ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, '‘Bacakanlah Surat Yasin kepada orang yang sudah mati di antara kamu'. Maksudnya adalah bacakanlah Surat Yasin. (Diriwayatkan oleh Abu Daud, an-Nasa’i dalam al-Yaum wa alLailah, Ibnu Majah dari Abdullah bin al-Mubarak, hanya saja dalam riwayat an-Nasa'i disebutkan: dari Abu ‘Utsman, dari Ma’qil bin Yasar).

Imam Ibnu Katsir berkata: "Di antara keistimewaan surat ini (Surat Yasin), sesungguhnya tidaklah Surat Yasin dibacakan pada suatu perkara sulit, malainkan Allah memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya Surat Yasin di sisi mayat agar turun rahmat dan berkah dan memudahkan baginya keluarnya ruh. Wallahu A'lam

2. Mendapat Ampunan Allah

حديث من قرأ يس ابتغاء وجه هللا غعر له

"Siapa yang membaca surat Yasin karena mengharapkan keagungan Allah maka Allah mengampuninya".

Imam asy-Syaukani berkomentar: Hadis Diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dari Abu Hurairah, hadits Marfu’, sanadnya menurut syarat shahih. Disebutkan Imam Abu Nu'aim, juga disebutkan Imam al-Khathib al-Baghdadi, tidak perlu disebutkan dalam kitab-kitab hadits palsu.

Andai hadits-hadits ini dha'if (lemah), tetap bisa diamalkan sebagai fadha'il amal (keutamaan untuk beramal). Tidak hanya membaca Surat Yasin, hadis lain menyebutkan keutamaan membaca surat Al-Kahfi malam Jumat.

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

"Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, ia diterangi cahaya antara dua Jumat." (HR. An-Nasa'i dan Al-Baihaqi)


Berikut Video Ceramah UAS ketika menjawab pertanyaan jamaah di Malaysia disiarkan Channel Majelis Ilmu:
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3531 seconds (0.1#10.140)