Jangan Mengeluh! Apa yang Kita Pikirkan Itu yang Bakal Terjadi

Minggu, 22 Agustus 2021 - 15:52 WIB
loading...
Jangan Mengeluh! Apa yang Kita Pikirkan Itu yang Bakal Terjadi
Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat, Al-Habib Quraisy Baharun. Foto/ist
A A A
Jangan pernah mengeluh atau berprasangka negatif (su'uzhon). Sebab apa yang kita pikirkan itu yang bakal terjadi. Selalulah berpikir positif (husnuzhon) dan jangan pernah biarkan pikiran negatif membelenggu otak dan kehidupan kita.

Demikian pesan Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat Habib Quraisy Baharun dalam satu kajian onlinenya. Habib Quraisy menceritakan kisah Baginda Nabi yang memberi nasihat kepada seorang laki-laki.



"Suatu hari, Nabi Muhammad shalallallahu 'alaihi wasallam menjenguk seseorang yang sedang sakit demam. Beliau menghibur dan membesarkan hati orang tersebut."

Beliau bersabda, "Semoga penyakitmu ini menjadi penghapus dosamu". Orang itu menjawab: "Tapi ini adalah demam yang mendidih, yang jika menimpa orangtua yang sudah renta, bisa menyeretnya ke lubang kubur".

Mendengar keluhan orang itu, Rasulullah bersabda,"Kalau demikian anggapanmu, maka akan begitulah jadinya". (HR Ibnu Majah)

Sungguh indah apa yang disabdakan Rasulullah. Perhatikan pesan-pesan beliau berikut ini :

"Barangsiapa yang ridha, maka keridhaan itu untuknya. Barangsiapa mengeluh, maka keluhan itu akan menjadi miliknya" (HR. at-Tirmidzi)

"Salah satu kebahagiaan seseorang adalah keridhaannya menerima keputusan Allah". (HR. Ahmad)

"Jika kita berpikiran sakit, kita juga menjadi sakit.Jika kita berpikiran sedih, maka kita menjadi sedih. Jika kita berpikiran gagal, kita menjadi gagal," kata Habib Baharun.

Sebaliknya, jika kita berpikiran sehat, maka kita pun akan sehat. Jika kita memikirkan bahagia, maka kita akan bahagia. Jika kita berpikiran sukses, maka kita niscaya sukses.

Inilah hukum tarik menarik yang merupakan sunnatullah yang berlaku di alam semesta. Kita adalah apa yang kita pikirkan.

Jadi, tetap semangat dan jangan pernah menyerah pada keadaan. Tugas kita hanya dua, yaitu: berusaha dan terus berdoa. Selanjutnya itu urusan Allah Yang Maha Kuasa.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ketika seorang hamba berkata Laa Haula wa Laa Quwwata Illa Billah, maka Allah berfirman: "Lihatlah (hai para Malaikat), orang ini telah menyerahkan urusannya kepadaKu". (HR. Al-Bukari Muslim)

Karena itu, mari berpikir positif dan senantiasa berbaik sangka kepada Allah. Semoga kita senantiasa dalam rahmat dan ridha Allah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)