Inilah Fadhillah Makan Bersama-sama Seperti Anjuran Nabi

loading...
Inilah Fadhillah Makan Bersama-sama Seperti Anjuran Nabi
Makan secara bersama-sama merupakan konsep Nubuwah yang diajarkan Nabi shallallahu alaihi wasallam. Foto/Ist
Tradisi makan bersama dalam satu hidangan tidak hanya ada di pesantren, tetapi juga telah membudaya di lingkungan masyarakat Arab. Makan bersama di piring besar adalah konsep Nubuwah yang diajarkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sejak 15 abad lalu.

Kenapa harus makan bersama-sama, apa sih fadhillahnya? Mari kita simak hadis berikut ini.

ن وحشي بن حرب رضي الله عنه أن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم قالوا: يا رسول الله إنا نأكل ولا نشبع ؟ قال: فلعلكم تفترقون قالوا: نعم قال فاجتمعوا على طعامكم واذكروا اسم الله يبارك لكم فيه رواه أبو داود

"Bahwasannya para sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: (Mengapa) kita makan tetapi tidak kenyang? Rasulullah balik bertanya: Apakah kalian makan sendiri-sendiri? Mereka menjawab: Ya (kami makan sendiri-sendiri). Rasulullah pun menjawab: 'Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua." (HR Abu Dawud)

Pakar sejarah Islam, Ustaz Budi Ashari dalam kajian Cahaya Siroh di kanal Instagram-nya menerangkan makna hadis di atas. Keutamaan makan bersama-sama ternyata mendatangkan keberkahan dari Allah.

Kata Wahsyi radhiyallahu 'anhu, bahwa sahabat pernah berkata pada Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam: "Ya Rasulullah, kami makan tapi kenapa kami tidak kenyang-kenyang?"

Maka lihat jawaban Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang di luar dugaan kita. Karena urusan kenyang bukan sekadar makan banyak, bukan sekadar sebagus apa nutrisi kita, tapi ada konsep lain dalam Islam yang langsung datang sumbernya dari wahyu.

Rasulullah mengatakan: "Falla 'alakum takkuluna mutafarriqin", mungkin kalian makannya terpisah-pisah artinya sendiri-sendiri. Qolu na'am, mereka menjawab "iya".

Maka Nabi memberikan pesan: "Berkumpulah kalian kalau makan, jadi berkumpul dalam makanan ini terus makan bersama-sama, sebutlah nama Allah, kalian akan diberkahi di makanan itu."

Ternyata, makan bersama itu adalah konsep Nubuwah, konsep Nabi shallalahu 'alaihi wasallam agar makanan kita diberkahi. Kalau diberkahi itu ternyata maknanya adalah "ini membuat kalian cepat kenyang". Bukankah pertanyaan sahabat adalah makan yang tak kunjung kenyang?

Baca Juga: Cara Makan Rasulullah SAW dan Lauk Pauk yang Disukai Beliau
(rhs)
cover top ayah
قُلۡ اِنَّ رَبِّىۡ يَبۡسُطُ الرِّزۡقَ لِمَنۡ يَّشَآءُ وَيَقۡدِرُ وَلٰـكِنَّ اَكۡثَرَ النَّاسِ لَا يَعۡلَمُوۡنَ
Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasinya (bagi siapa yang Dia kehendaki), tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

(QS. Saba:36)
cover bottom ayah
preload video