Rasulullah Tertawa Saat Menceritakan Orang Terakhir Masuk Surga

loading...
Rasulullah Tertawa Saat Menceritakan Orang Terakhir Masuk Surga
Kisah orang terakhir yang masuk surga membuat Rasulullah tertawa ketika menceritakannya. Foto/Ist
Surga adalah tempat penuh kenikmatan yang tak dapat dibayangkan oleh siapapun. Surga memiliki tingkatan mulai dari terendah hingga paling tinggi (Al-Firdaus).

Dalam satu riwayat diceritakan bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam tertawa ketika menceritakan orang terakhir yang masuk surga. Untuk diketahui, Rasulullah adalah orang pertama yang memasuki surga kemudian disusul umat beliau.

Dari Ibnu Mas'ud, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنِّى لأَعْلَمُ آخِرَ أَهْلِ النَّارِ خُرُوجًا مِنْهَا وَآخِرَ أَهْلِ الْجَنَّةِ دُخُولاً الْجَنَّةَ رَجُلٌ يَخْرُجُ مِنَ النَّارِ حَبْوًا فَيَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلِ الْجَنَّةَ فَيَأْتِيهَا فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهَا مَلأَى فَيَرْجِعُ فَيَقُولُ يَا رَبِّ وَجَدْتُهَا مَلأَى. فَيَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلِ الْجَنَّةَ – قَالَ – فَيَأْتِيهَا فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهَا مَلأَى فَيَرْجِعُ فَيَقُولُ يَا رَبِّ وَجَدْتُهَا مَلأَى فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلِ الْجَنَّةَ فَإِنَّ لَكَ مِثْلَ الدُّنْيَا وَعَشَرَةَ أَمْثَالِهَا أَوْ إِنَّ لَكَ عَشَرَةَ أَمْثَالِ الدُّنْيَا – قَالَ – فَيَقُولُ أَتَسْخَرُ بِى – أَوْ أَتَضْحَكُ بِى – وَأَنْتَ الْمَلِكُ » قَالَ لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ضَحِكَ حَتَّى بَدَتْ نَوَاجِذُهُ. قَالَ فَكَانَ يُقَالُ ذَاكَ أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً

"Sesungguhnya aku tahu siapa orang yang paling terakhir dikeluarkan dari neraka dan paling terakhir masuk ke surga. Yaitu seorang laki-laki yang keluar dari neraka dengan merangkak. Kemudian Allah berfirman kepadanya, "Pergilah engkau, masuklah engkau ke surga."

Ia pun mendatangi surga, tetapi ia membayangkan bahwa surga itu telah penuh. Ia kembali dan berkata: "Wahai Rabbku, aku mendatangi surga tetapi sepertinya telah penuh."

Allah berfirman kepadanya: "Pergilah engkau dan masuklah ke surga." Ia pun mendatangi surga, tetapi ia masih membayangkan bahwa surga itu telah penuh.

Kemudian ia kembali dan berkata: "Wahai Rabbku, aku mendatangi surga tetapi sepertinya telah penuh."

Allah berfirman kepadanya: "Pergilah engkau dan masuklah surga, karena untukmu surga seperti dunia dan sepuluh kali lipat darinya."

Orang tersebut berkata: "Apakah Engkau memperolok-olokku atau menertawakanku, sedangkan Engkau adalah Raja Diraja?"

Ibnu Mas'ud berkata: "Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tertawa sampai tampak gigi geraham beliau. Kemudian beliau bersabda: "Itulah penghuni surga yang paling rendah derajatnya." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Hikmah dari Hadis di atas, lelaki itu tercengang karena melihat janji Rabbnya. Ia merasa bahwasanya ia akan diremehkan, padahal Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya.

Betapa beruntungnya kita terpilih menjadi umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Dalam satu riwayat, Nabi bersabda:

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى ، قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ يَأْبَى ؟ قَالَ : مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى

"Setiap umatku akan masuk surga, kecuali orang-orang yang enggan untuk memasukinya. Ada seseorang yang bertanya, siapakah orang yang enggan tersebut wahai Rasulullah? Beliau bersabda, "Barangsiapa mentaatiku akan masuk surga, barangsiapa tidak taat kepadaku sungguh dia orang yang enggan masuk surga." (HR Al- Bukhari)

Baca Juga: Ternyata Surga Tak Sabar Menanti Umat Muslim, Begini Seruannya
(rhs)
cover top ayah
فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ
Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

(QS. Al-Baqarah:152)
cover bottom ayah
preload video