Muhammad Ali Pasha (2): Penakluk Dinasti Saud sampai Ottoman

Minggu, 31 Oktober 2021 - 09:19 WIB
loading...
Muhammad Ali Pasha (2): Penakluk Dinasti Saud sampai Ottoman
Muhammad Ali Pasha penguasa Mesir yang sukses menaklukkan Dinasti Saud, Sudan, dan wilayah Ottoman. (Foto/Ilustrasi : wikipedia)
A A A
Kekuasaan Muhammad Ali Pasha semakin kuat. Eks Dinasti Mamluk benar-benar sudah tamat. Pembantaian di Benteng Kairo disusul pembersihan oleh masyarakat atas kaum Mamluk adalah tragedi yang tidak bisa dihapus oleh sejarah.



Menurut Eamonn Gaeron dalam bukunya berjudul Turning Points in Middle Eastern History, peristiwa pembantaian yang terjadi di Benteng Kairo, menandai titik balik sejarah modern Mesir dan Islam secara keseluruhan.

Setelah peristiwa ini, secara perlahan Muhammad Ali mulai menarik jarak dari Ottoman. Antara tahun 1811 hingga 1840, ia melakukan serangkain aksi militer. Namun dari rangkaian aksi itu, ada yang dilakukan atas perintah Sultan Ottoman, tapi tidak sedikit yang dilakukan atas inisiatif sendiri dan demi keuntungan sendiri.

Ekspedisi militer yang dilakukan atas perintah Sultan adalah memulihkan ketertiban di Arabia bagian tengah dan barat. Dinasti baru Saud sudah bergerak terlalu jauh, dan mulai meruntuhkan supremasi Ottoman di kawasan itu.

Hanya saja, ekspedisi ini tidak mudah. Butuh dua kali ekspedisi militer yang kedua-duanya dipimpin oleh putra Muhammad Ali untuk memadamkan ambisi dinasti Saud I.

Putra tertua Muhammad Ali, Tusun meninggal dunia, kemudian diganti oleh adiknya yang bernama Ibrahim. Di bawah kepemimpinan Ibrahim lah Dinasti Saud bisa dikalahkan.

Ibu kota Dinasti Saud, Diriyah (sekarang Riyadh) berhasil dikuasi setelah dikepung selama 5 bulan pada tahun 1818 M. Setelah dikalahkan, seluruh anggota keluarga Saud dibawa ke Ottoman .

Abdullah bin Saud yang saat itu bertindak sebagai raja dinasti ini dipenggal, dan sebagian anggota keluarga lainnya ditahan di Mesir.

Setelah menaklukkan Arab, dan mengembalikan dua tanah suci pada kekuasaan Ottoman, ia menempatkan putranya, Ibrahim untuk menjadi pucuk pimpinan di kawasan hijaz.



Menaklukkan Sudan
Sedang Muhammad Ali sendiri, mulai mengalihkan perhatiannya untuk menaklukkan Sudan. Ekspedisi ini kali, bukan atas perintah Sultan, tapi atas inisiatifnya sendiri.

Di Sudan ia meraih sukses yang luar biasa hanya dalam 2 tahun (1822-23). Di wilayah ini ia mendapatkan emas dan budak yang kemudian diboyongnya ke Mesir. Dan tentu saja seluruh wilayah Sudan –yang luasnya dua kali lipat lebih besar dari Mesir – sejak saat itu berada di bawah kekuasaannya.

Tugas selanjutnya yang Muhammad Ali dapatkan dari Sultan Ottoman adalah memadamkan pemberontakan di Kreta, Siprus dan daratan Yunani. Untuk ini tugas kali ini, Muhammad Ali menerjunkan 16.000 tentara, 100 kapal angkut dan 63 kapal pengawal.

Ini adalah armada elit Mesir. Kabarnya, Muhammad Ali sudah mengelontorkan banyak biaya untuk membangun pasukan elit ini. Pasukan tersebut dipimpin langsung oleh putranya, Ibrahim Pasha. Tapi berbeda dari pertempuran sebelumnya, dalam pertempuran ini kali, pasukan Mesir berada di bawah komando perwira dari Ottoman, Muharram Bey yang juga membawa sejumlah pasukan dari Ottoman.

Sedangkan di Eropa, kekuatan inti di sana bersekutu untuk melindungi Yunani dari invasi Ottoman. Inggris, Perancis dan Rusia sudah menyiapkan armada khusus untuk menghadapi pasukan Ottoman, di bawah komando Admiral Edward.

Pada tanggal 20 Oktober 1827, pertempuran antarkekuatan besar ini terjadi di Navario. Sebagian sejarawan menganggap bahwa inilah pertempuran besar terakhir yang terjadi di laut.

Dua kekuatan laut, dengan kesiapan optimal, bertemu dan saling menghancurkan dalam skala besar. Hasil akhir pertempuran ini dimenangkan oleh pasukan sekutu Eropa. Adapun pasukan Ottoman, khususnya pasukan elit Mesir, hancur dan berhasil dipukul mundur.

Tapi bagi Muhammad Ali, kekalahan itu bukan sesuatu yang menyakitkan. Ia hanya memikirkan hancurnya armada dan pasukan elit yang sudah dibangunnya dengan biaya mahal.

Atas kerugian ini, ia menuntut ganti rugi pada Ottoman, yaitu wilayah Suriah dan Mediterania. Sebuah tuntutan yang jelas-jelas berani dari seorang gubernur pada atasannya. Tapi tuntutan ini ditanggapi dingin oleh Sultan Ottoman.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2370 seconds (0.1#10.140)